Kompas.com - 15/04/2013, 09:07 WIB
EditorI Made Asdhiana

DENPASAR, KOMPAS.com - Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) khawatir kecelakaan Lion Air di Pantai Segara, Kuta, saat hendak mendarat di Bandar Udara Ngurah Rai, Sabtu (13/4/2013) dapat memengaruhi citra pariwisata Bali.

"Jika hasil pemeriksaan tim investigasi penyebab dari musibah tersebut adalah kesalahan manusia atau human error maka dapat memengaruhi citra pariwisata, seperti kejadian dua atau tiga tahun lalu," kata Ketua GIPI Provinsi Bali, Ida Bagus Ngurah Wijaya di Denpasar, Minggu (14/4/2013).

Menurut dia, bila penyebab dari peristiwa itu adalah kesalahan pilotnya tentu akan berdampak pada citra penerbangan maskapai Tanah Air sehingga sejumlah negara memberlakukan larangan terbang. Dampak dari pelarangan tersebut tentu membuat berkurangnya wisatawan mancanegara ke Pulau Dewata karena tidak ada penerbangan langsung. Hal tersebut sangat tidak diharapkan oleh para pelaku pariwisata.

"Jadi tunggu saja hasil pemeriksaan investigasi mengenai penyebab peristiwa tersebut baru dapat terasa dampaknya," katanya.

Sampai saat ini, menurut Wijaya, belum melihat dampak secara langsung dari musibah tersebut terhadap pariwisata di Bali. Oleh sebab itu dia berharap tidak ada dampak negatif yang ditimbulkan akibat peristiwa itu, walaupun tak sampai menimbulkan korban jiwa.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.