Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Lion Air Diharapkan Tak Kurangi Kunjungan Turis

Kompas.com - 16/04/2013, 18:21 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali berharap kecelakaan pesawat Lion Air, Sabtu (13/4/2013) tidak berdampak mengurangi kunjungan wisatawan ke Pulau Dewata.

"Kami berharap musibah tersebut tidak berdampak buruk terhadap pariwisata Bali, khususnya sampai mengurangi jumlah kunjungan wisatawan," kata Direktur Eksekutif PHRI Bali, Ida Bagus Purwa Sidemen di Denpasar, Selasa (16/4/2013).

Menurut Sidemen, dampak kecelakaan Lion tidak dapat dirasakan dalam waktu dekat, sehingga susah menyimpulkan peristiwa naas itu mempengaruhi kunjungan pelancong ke Bali atau tidak.

wisman

Wisatawan asing saat berkunjung ke Gianyar, Bali. (Kompas.com/I Made Asdhiana)

Dampak itu akan dirasakan sepekan lebih pascamusibah pesawat berlambang singa terbang tersebut. "Penanganan peristiwa yang tidak menimbulkan korban jiwa ini cukup baik. Kondisi tersebut dapat memberikan gambaran bagi wisatawan jika terjadi sesuatu terhadap mereka pasti akan mendapatkan penanganan maksimal dari pihak terkait," ujarnya.

Namun, lanjut Sidemen, belum tentu musibah jatuhnya pesawat di perairan dekat Bandara Ngurah Rai itu dapat berpengaruh terhadap pariwisata, sebab hal yang sama bisa terjadi di mana pun.

"Apabila turis membatalkan niatnya berwisata ke Bali karena musibah itu dan mengalihkan rute perjalanannya ke negara lain, apakah bisa terjamin tidak terjadi kecelakaan," ucapnya.

Sidemen berpesan supaya para wisatawan dari dalam dan luar negeri lebih bijak mencermati kejadian itu, karena kondisi tersebut tidak lantas menjadikan Pulau Bali tidak aman untuk dikunjungi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com