Kompas.com - 17/04/2013, 17:26 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Semakin banyak wisatawan Indonesia yang beralih ke internet untuk merencanakan perjalanan mereka. Menurut penelitian TripBarometer oleh TripAdvisor, sebuah situs perjalanan, 8 dari 10 wisatawan Indonesia (84 persen) menggunakan internet dalam perencanaan wisata mereka.

Tiga sumber teratas informasi yang ditemukan wisatawan Indonesia yang paling berguna semuanya berbasis online. Ketiga sumber itu adalah agen perjalanan berbasis web, situs operator perjalanan, dan situs ulasan perjalanan.

Wisatawan Indonesia juga menempati posisi paling tinggi di dunia (66 persen) sebagai wisatawan yang paling dipengaruhi oleh ulasan dan opini wisatawan lain di situs ulasan perjalanan. Selain itu, wisatawan Indonesia tetap online dan ada di jejaring sosial bahkan saat berlibur.

Sebagian besar wisatawan Indonesia setuju bahwa WIFI gratis dalam kamar penting. Mereka mengungkapkan fasilitas tersebut berpengaruh besar terhadap keputusan mereka untuk melakukan pemesanan di hotel tersebut.

Tidak mengejutkan bahwa wisatawan Indonesia adalah salah satu pengguna media sosial terbesar di dunia (50 persen) untuk melakukan penelitian dan merencanakan perjalanan. Indonesia juga berada di posisi teratas sebagai pengguna terbesar Facebook, Google+ dan Twitter di dunia.

Selama di perjalanan, penggunaan teratas teknologi bagi wisatawan Indonesia adalah untuk “mengakses internet melalui ponsel,” “menggunakan aplikasi mobile untuk menemukan obyek wisata atau aktivitas”, dan “mengunggah foto-foto liburan ke jejaring sosial.”

“Di dunia yang selalu terhubungkan, jelaslah bahwa wisatawan Indonesia beralih ke Internet untuk semua kebutuhan perjalanan mereka,” kata Vice President, Asia Pacific TripAdvisor, Cindy Tan, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com baru-baru ini.

“Mulai dari melakukan riset untuk perjalanan, hingga mendapatkan saran dan rekomendasi mengenai tempat dan tetap berhubungan dengan teman dan keluarga  selama dalam perjalanan, Internet telah terbukti jadi mitra yang terpercaya dan bermanfaat,” tambahnya.

Penelitian TripBarometer diselenggarakan atas nama TripAdvisor oleh StrategyOne, firma penelitian independen, divisi di Edelman Berland. Penelitian tersebut dilakukan dua kali dalam setahun dan melaporkan tren-tren dalam industri perjalanan dan perhotelan teratas menurut 35.000 wisatawan dan pengusaha perhotelan di dunia.

Hasil-hasil dari TripBarometer mengungkapkan pandangan mengenai perilaku pemesanan wisatawan Indonesia, serta pentingnya review online dan media sosial dalam merencanakan perjalanan dan bahkan selama di perjalanan.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.