Kompas.com - 18/04/2013, 10:51 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain candi, banyak wilayah di sekitar Prambanan yang dapat menarik para wisatawan untuk datang. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWCBPRB), Purnomo Siswoprasetjo.

"Desa-desanya bisa jadi potensi, andong kita kembangkan, sepeda. Ada sendratari Ramayana, itu ada 18 grup penari, itu kalau dikembangkan lagi bisa jadi satu grup lagi atau beberapa grup lagi," papar Purnomo di Jakarta, Rabu (17/4/2013).

Ia menambahkan, kehidupan sehari-hari masyarakat pun bila dikemas menjadi apik, bisa menjadi daya tarik sendiri. "Kita sedang mencoba memetakan itu. Kita potret, kita promosikan dengan baik, kita berikan kualitas yang lebih baik agar wisatawan itu puas," katanya.

Menurut Purnomo, beberapa waktu lalu pernah ada tur sepeda keliling desa di sana untuk para wisatawan yang datang. "Beberapa waktu lalu ada tur sepeda, mereka bisa 8 jam loh keliling desanya. Mereka lihat sungai-sungai, di sana dia belajar sungai ini alirannya gimana, kenapa dia melewati di sini, apa kendalanya, itu juga menarik," paparnya.

"Belajar budaya di sana, kita ada belajar makanan-makanan di sana, membatik, bagaimana seni bangunan yang ada di sana," katanya.

Masyarakat setempat, lanjut Purnomo, mulai dilibatkan untuk mendukung kegiatan wisata yang ada di sekitar kawasan. "Kita sudah lihat masyarakat di sana welcome dengan wisata di sana dan juga bagaimana mereka menjaga candi-candi yang masih berserakan seperti Kalasan, Plaosan, yang masih belum dikelola dengan baik tetapi mereka tetap menjaga dengan baik," tambah Purnomo.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.