Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengajak Masyarakat Gorontalo Sadar Wisata

Kompas.com - 18/04/2013, 17:57 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com - Quality Hotel Gorontalo bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat dan komunitas Gorontalo mengajak masyarakat Gorontalo untuk ikut andil dalam Aksi Sadar Wisata Gorontalo 2013 yang akan dimulai dengan membersihkan Pantai Olele pada Sabtu, 20 April 2013.

Aksi yang semula diperbincangkan melalui diskusi santai mengenai lingkungan pada Earth Hour yang digelar Quality Hotel Gorontalo Maret lalu ternyata berbuah manis. Dengan mengangkat tema “Mari Jo Kitorang Jaga Obyek Wisata”, Aksi Sadar Wisata Gorontalo 2013 diadakan dalam rangka membangun kesadaran dan tanggung jawab akan peran penting pariwisata bagi sosial-ekonomi masyarakat terutama kepedulian terhadap lingkungan.

“Aksi ini akan dimulai dari Desa Olele, Kabupaten Bone Bolango karena selain sudah dikenal hingga ke mancanegara dan para penyelam di Indonesia, mereka yang telah menyelam laut Gorontalo pasti memuji keindahan alam bawah laut Gorontalo, terutama mereka bisa menemukan Karang Salvador Dali dengan ukiran cantik di pinggirannya yang belum ditemukan dimana pun di dunia selain di Gorontalo,” ucap Yunita Anggraeni selaku Marketing Manager Quality Hotel Gorontalo dalam rilisnya kepada Kompas.com, Kamis (18/4/2013).

Kasubdin Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Aryanto Husain, mengemukakan Aksi Sadar Wisata Gorontalo 2013 adalah upaya mengembangkan pariwisata berkelanjutan (green tourism) di Gorontalo melalui bangunan fondasi kesadaran tentang pariwisata yang utuh dan merata di semua pemangku kepentingan.

"Disadari atau tidak, semua usaha untuk mempromosikan dan memasarkan atau bahkan inisiatif investasi di bidang pariwisata tidak akan optimal kalau tidak ada rasa tanggung jawab dan rasa kepemilikan terhadap obyek-obyek wisata," ungkap Aryanto.

Menurut Anggraeni, Aksi Sadar Wisata Gorontalo 2013 ini juga merupakan bagian dari peringatan Hari Bumi yang akan dilaksanakan pada 20 April 2013 di Quality Hotel Gorontalo dengan agenda bersih-bersih Pantai Olele, baik di pinggiran pantai maupun dalam laut.

"Selain itu diadakan penanaman 100 bibit pohon oleh kaum wanita dalam rangka hari Kartini, edukasi masyarakat tentang Sadar Wisata untuk menjaga kebersihan lingkungan Pantai Olele dan sekitarnya," kata Anggraeni. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com