Kompas.com - 18/04/2013, 18:21 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

PALU, KOMPAS.com - Jika Anda pernah berkunjung ke Sulawesi Tengah, sudahkah Anda mencicipi masakan khasnya yakni Kaledo? Jika pernah ke Sulteng, mungkin Anda pernah mencicipi masakan tersebut.

Namun jika belum, sepertinya tak lengkap jika Anda tak mencicipinya. Nah, belum lama ini saya ditemani adik saya menikmati masakan khas ini.

Saat itu matahari bersinar terik. Perut rasanya sudah minta diisi. Kami pun memutuskan untuk singgah di salah satu warung makan Kaledo yang terletak di Jalan Malonda, Tipo, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Nama Warung makannya Kaledo Tumbelaka.

Aroma khas masakan Kaledo sudah mulai menggoda. Tak sampai sepuluh menit seorang pelayan rumah makan tersebut membawa pesanan kami. Hmmm... aromanya benar-benar menggoda. Tak sabar rasanya untuk segera menyantapnya.

"Akhirnya datang juga pesanan kita," kata adik saya.

Kaledo merupakan masakan khas Sulawesi Tengah. Kaledo merupakan makanan berkuah seperti halnya sup, coto makasar, dan masakan berkuah lainnya. Kaledo terbuat dari tulang kaki lembu dan dagingnya, yang direbus sampai empuk dengan campuran bumbu yang pas.

Kuahnya yang sedikit pedas dengan rasa asam jawa mentah yang khas ditambah taburan bawang goreng di atasnya semakin menggugah selera. Kaledo bisa dinikmati bersama dengan nasi putih, singkong rebus atau jagung rebus. Tinggal pilih.

Dalam sehari warung Kaledo Tumbelaka tersebut bisa menghabiskan 10 kaki sapi. Menurut Diana (35) pelayan di rumah makan tersebut, Hajah Isnarti (70) pemilik warung makan tersebut yang meracik bumbu sekaligus memasaknya.

"Ibu haji yang masak. Sudah 10 tahun jualan dan selalu laris," kata Diana.

Diana mengatakan harga Kaledo per porsi Rp 35.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.