Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas Kegempaan Meningkat, Gunung Dieng Siaga

Kompas.com - 19/04/2013, 21:31 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Status Gunung Dieng, terutama di Kawah Timbang, naik menjadi Siaga. Sebab, aktivitas kegempaan terus terjadi bahkan terasa hingga mencapai 4 mercalli modify intensity (MMI) dan terekam di Pos G Dieng. Masyarakat diharapkan untuk tidak mendekati dan beraktivitas di dekat kawah timbang sampai dinyatakan aman.

Kepala Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi Surono, saat dihubungi, membenarkan bahwa aktivitas kegempaan terekam sejak pukul 18.58. Hingga pukul 19:28 aktivitasnya masih terjadi.

"Semua jalur jalan yang mendekati ke Kawah Timbang, baik jalan desa maupun jalan antarkabupaten, sudah nyatakan ditutup," kata Surono.

Lebih lanjut, Surono menjelaskan, saat ini petugas sedang memeriksa dan mengukur kandungan gas beracun di Kawah Timbang. Sambil menunggu hasilnya, akses jalan dan aktivitas di wilayah kawah ditutup.

"Petugas sedang melakukan pengukuran, melihat apakah ada kandungan gas beracun yang dikeluarkan," ungkapnya.

Mengenai sampai kapan penutupan dilakukan, Surono belum bisa memastikan karena bergantung pada hasil pengukuran dan tingkat aktivitas Kawah Timbang.

"Kita lihat hasil dari pengukuran dan tingkat aktivitasnya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com