Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dermaga Lappa, Obyek Wisata Eksotis di Sinjai

Kompas.com - 20/04/2013, 09:21 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis

SINJAI, KOMPAS.com - Di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan terdapat sebuah pelabuhan kuno yang dikenal dengan pelabuhan Lappa, yang terletak di Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara. Setiap sore hari dermaga pelabuhan ini dipadati ratusan warga yang sekadar datang melepas penat dengan pemandangan Pulau Sembilan serta Gunung Bawa Karaeng dan Lompo Battang.

Jika berada di dermaga Lappa ini, maka kita dapat menyaksikan sembilan pulau yang disebut dengan Pulau Sembilan, pulang ini merupakan wilayah Kabupaten Sinjai, dan jika melihat ke Timur maka pemandangan yang menakjubkan adalah dua gunung perkasa yakni gunung Lompo Battang dan Gunung Bawa Karaeng yang merupakan wilayah Kabupaten Gowa.

Di dermaga ini warga berenang di air yang jernih dan bersih, selebihnya hanya sekadar datang melepas penat setelah seharian bekerja.

Seperti pasangan suami isteri, Arfah (33) dan Mira (28). Pasutri yang baru saja dua bulan melangsungkan pernikahan ini mengaku kerap datang ke dermaga ini untuk menikmati semilir angin dan pemandangan laut biru serta pegunungan hijau. "Kami memang sering ke sini dan bukan cuma kami berdua, lihat sendiri warga dan anak-anak yang lagi berenang," ujar Mira.

Secara administratif, dermaga ini memang milik Dinas Kelautan dan Perhubungan namun tetap dibuka untuk umum lantaran sejak dahulu pelabuhan kuno ini ramai dikunjungi owarga lokal jika sore hari untuk menikmati sunset.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com