Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumbar Gelar Tiga Kegiatan Internasional

Kompas.com - 21/04/2013, 10:36 WIB

LUBUKBASUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengelar tiga kegiatan internasional untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara ke daerah tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumbar, Burhasman Bur di Lubukbasung, Sabtu (20/4/2013), mengatakan, tiga kegiatan internasional yang digelar pada tahun 2013, yakni International Event Fly for Fun Lake Maninjau Puncak Lawang Kabupaten Agam pada 16 sampai 21 April 2014 dengan peserta negara Asia.

Kemudian Tour de Singkarak pada 3 sampai 9 Juni 2013 dengan melibatkan sembilan kabupaten dan tujuh kota di Sumbar dengan menempuh jarak sepanjang 1.000 kilometer. Lalu, kejuaraan Mentawai International Pro Surf Competition yang dijadwalkan dilaksanakan pada 21-29 April 2013 bertempat di bagian selatan Pulau Sipora tepatnya di Lances Right, Katiet, Kepulauan Mentawai.

Menurut Burhasman, acara internasional ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumatera Barat.

Dia menyebutkan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2012 mencapai 2.488 orang. "Kita berharap, tahun 2013 jumlah kunjungan wisatawan mancanegera akan meningkat dari tahun 2012," kata Burhasman saat membuka International Event Fly for Fun Lake Maninjau di Puncak Lawang Kabupaten Agam.

Burhasman berharap, semua kabupaten dan kota di Sumbar bisa berpartisipasi dalam perhelatan bertaraf internasional tersebut, sehingga target kunjungan wisman akan tercapai.

Pada saat itu, Bupati Agam, Indra Catri mengatakan, Pemkab Agam siap menggelar acara bertaraf internasional seperti International Event Fly for Fun Lake Maninjau. "Acara ini merupakan agenda tahunan dan ini merupakan yang ke 12," katanya.

Pada acara tahun ini, lanjut Indra, sebanyak 140 paraglider berasal dari Jepang, China, Malaysia, Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam, Singapura, dan lainnya.

Ia mengatakan, kegiatan ini selain meningkatkan kunjungan, juga dapat meningkatkan sektor ekonomi masyarakat dengan cara mendirikan penginapan, transportasi, jualan kuliner dan lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com