Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Beli Boeing 777 secara Syariah

Kompas.com - 22/04/2013, 14:25 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejalan program revitalisasi dan pengembangan armada, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk pada Senin (22/4/2013) di Jakarta melaksanakan penandatanganan dokumen perjanjian kerja sama pengadaan dua pesawat Boeing 777-300 ER.

Acara penandatanganan kerja sama tersebut dilaksanakan oleh Chairman Aviation Lease and Finance Company (ALAFCO) Ahmad A Alzabin dan Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar. ALAFCO merupakan perusahaan leasing dan financing asal Kuwait.

Pada tahun 2013 ini, Garuda Indonesia akan mendatangkan sebanyak empat pesawat Boeing 777-300 ER untuk melayani penerbangan jarak jauh. Empat pesawat tersebut merupakan bagian dari 10 pesawat Boeing 777-300 ER yang telah dipesan Garuda Indonesia ke Boeing Company untuk kedatangan hingga tahun 2015.

Emirsyah Satar mengatakan, penandatanganan kerja sama tersebut merupakan salah satu milestones penting bagi Garuda Indonesia mengingat maskapai itu merupakan satu-satunya maskapai di Indonesia yang pertama kali melaksanakan perjanjian kerja sama pengadaan pesawat yang disesuaikan dengan prinsip-prinsip syariah.  

Ahmad A Alzabin menyambut baik penandatanganan kerja sama tersebut. Menurut dia, Garuda Indonesia telah berhasil melaksanakan proses transformasi bisnisnya melalui program Quantum Leap 2011-2015.

Ia optimistis Garuda Indonesia akan terus bertumbuh seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang diprediksi mencapai 6-7 persen setiap tahun hingga tahun 2017.  

"Boeing 777-300 ER merupakan pesawat dengan spesifikasi terbaik di kelasnya saat ini. Dengan spesifikasi ini, pengguna jasa Garuda Indonesia akan mendapatkan kenyamanan lebih melalui pengoperasian armada tersebut," ujarnya.

Alzabin menambahkan, penandatanganan kerja sama antara Garuda Indonesia dan ALAFCO untuk mendatangkan dua pesawat Boeing 777-300 ER merupakan transaksi pertama yang dilakukan pihaknya di Indonesia. Ia berharap, kerja sama tersebut dapat terus berlanjut seiring dengan rencana pertumbuhan Garuda Indonesia di masa yang akan datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com