Kompas.com - 22/04/2013, 15:36 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

UNGARAN, KOMPAS.com - Ingin memasak mie goreng Jawa seenak aslinya? Bahan-bahan dan cara memasak mungkin sama. "Googling" atau searching di dunia maya, maka seabrek resep dan cara memasak mie goreng sudah di tangan.

Tapi pernahkah anda berpikir memasak mie goreng Jawa memakai anglo? Anglo adalah tungku masak yang terbuat dari tanah liat dengan sumber perapiannya dari arang. Para pedagang mie goreng Jawa di Semarang saat ini masih banyak yang mempertahankan anglo daripada memakai kompor gas.

Konon, anglo mempertahankan citarasa asli mie goreng Jawa, lebih enak dan lebih sedap. Tertarik? Anda juga bisa membuatnya di rumah. Sebuah anglo dengan satu tungku di Pasar Bandarjo Ungaran dijual seharga Rp 5.000. Mungkin di pasar-pasar tradisional di kota anda, harganya tidak jauh berbeda.

Sumber perapiannya bisa dari arang, batol kelapa yang kering, broket batubara atau bahkan kayu bakar. Arang mungkin yang paling mudah didapatkan.

Lantas bagaimana cara membuat arang menjadi bara? taruhlah arang secukupnya ke bagian paling dasar anglo. Ambil satu buah, bakar di atas perapian kompor gas sampai membara. Untuk membakarnya pakailah penjepit dari alumunium.

Lalu, letakkan bara arang tersebut ke dalam anglo yang sudah ada arangnya tadi. Selanjutnya kipasi agar bara arang menular ke arang lainnya. Jika tak ingin lelah mengipasi, pakailah kipas angin.

Setelah sepertiga sampai setengah arang menjadi bara, anglo siap untuk dipakai memasak. Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.