Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bibit: Jangan Mudah Percaya Isu soal Kawah Timbang

Kompas.com - 22/04/2013, 17:51 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mengimbau kepada masyarakat khususnya pada masyarakat di sekitar Dieng untuk tetap tenang, tetapi waspada dan tidak mudah percaya pada isu-isu yang beredar soal gas beracun yang keluar dari Kawah Timbang.

"Pihak yang berwenang memberi informasi tentang adanya gas berbahaya atau kejadian apa pun dari Kawah Timbang adalah Balai Vulkanologi, bukan Pak Lurah atau pihak mana pun. Jadi saya harap masyarakat tidak mudah percaya, tetap tenang namun siaga," tandas Bibit, di Magelang, Senin (22/4/2013).

Bibit mengaku telah mendapatkan informasi dari Surono, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi bahwa gas Kawah Timbang memang merupakan gas beracun. Kendati demikian, masyarakat diminta untuk tenang, tetapi tetap siaga.

Sejauh ini, lanjut Bibit, Balai Vulkanologi terus memonitor perkembangan Kawah Timbang. Sementara soal bantuan, pihaknya telah menyerahkan kepada pemerintah kabupaten setempat.

"Pemkab Banjarnegara yang akan membantu terlebih dahulu. Bila dirasa kurang, pemerintah provinsi akan membantu," pungkas Bibit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com