Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengungsi Sudah Boleh Kembali ke Rumah

Kompas.com - 23/04/2013, 03:08 WIB

Magelang, Kompas - Warga korban gempa di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, yang masih mengungsi di rumah- rumah penduduk diharapkan segera pulang ke rumah masing-masing. Warga diminta tenang, tidak perlu mengungsi karena kondisi saat ini sudah terbilang aman, dan krisis kegempaan Dieng telah mereda.

Gubernur Jateng Bibit Waluyo mengatakan, sekalipun tetap harus siaga menghadapi berbagai kemungkinan, masyarakat saat ini diminta juga tidak panik dan tidak perlu menanggapi isu-isu tidak jelas terkait dengan kondisi Kawah Timbang.

”Warga tidak panik berlebihan. Jangan percaya sembarang isu kecuali informasi resmi dari PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi),” ujarnya, saat ditemui seusai pemeriksaan harta kekayaannya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di rumah pribadinya di Kota Magelang, Senin (22/4).

Saat ini, menurut Bibit, Pemerintah Provinsi Jateng belum menurunkan bantuan untuk para korban gempa karena kebutuhan mereka saat ini sudah dapat dicukupi pemerintah daerah setempat.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengemukakan, pada Senin siang, Kepala PVMBG Surono telah mengeluarkan rekomendasi, apabila kondisi rumah tidak membahayakan, pengungsi diminta kembali tinggal di rumah masing-masing. Namun, karena kondisi kegempaan Kawah Timbang belum terbilang normal, warga pun diminta tetap siaga.

Berdasarkan data terakhir pada Senin siang, data jumlah pengungsi tinggal tersisa 628 orang. Angka ini jauh berkurang dibandingkan dengan kondisi Senin pagi ketika pengungsi masih terdata 3.645 orang. (EGI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com