Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Traveling dengan Anak ala Traveler Kaskus

Kompas.com - 27/04/2013, 11:57 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membiasakan anak untuk traveling dari usia sedini mungkin, bisa menjadi pelatihan bagi mereka untuk dapat menghadapi dunia luar yang "sesungguhnya". Hal tersebut diungkapkan oleh Ridwan, salah satu anggota Komunitas Traveler Kaskus.

Ridwan mengakui, dirinya yang telah memiliki anak, sering mengajak anaknya untuk ikut perjalanan dengannya. "Dengan traveling mengajarkan anak saya bagaimana dia mandiri, bagaimana dia diajak untuk jalan keluar, biar dia nggak kaget dengan dunia yang luas ini," papar Ridwan, dalam talkshow komunitas pada acara Kompas Travel Mart, di Mal Kota Kasablanka, Jumat (26/4/2013).

"Kita mempersiapkan mereka bagaimana biar tidak kaget. Nih kalau mau pergi sendiri kamu harus seperti ini, seperti ini, seperti ini," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, anggota Traveler Kaskus yang lain, Suci, mengungkapkan bahwa yang terpenting saat mengaja traveling si kecil yakni dengan mempersiapkan perencanaan perjalanan dengan matang.

"Kalau kita bawa anak kecil harus ada planning-nya yang mateng. Baik itu jadwalnya, kalau mau berangkat kemana, tujuannya kemana aja, nginapnya dimana. Dan yang penting itu tiket PP harus udah di tangan," ujar Suci.

Selain itu, lanjut Suci, penginapan saat traveling juga haruslah dipilih yang ramah dengan anak-anak. Begitu pun dengan kegiatan yang dilakukan serta cuaca saat akan melakukan perjalanan.

"Saat di sana juga mesti disiapin mau ngapain aja. Kalau renang-renang aja pasti anak juga bosen. Dan yang penting cuaca juga harus dipikirin," ungkapnya.

"Misal ke Karimun Jawa, kalau cuaca lagi ga enak kita bisa ngga pulang-pulang karena kapal ke sana juga jarang kan. Terus jangan pilih yang high season kalau bisa," tambah Suci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com