Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rombongan Pertama Turis China Kunjungi Paracel

Kompas.com - 28/04/2013, 18:14 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Seolah tak peduli dengan kegusaran negara-negara anggota ASEAN sebelumnya, China melanjutkan program kunjungan wisatawannya ke kawasan sengketa, Kepulauan Paracel, di Laut China Selatan.

Sejumlah surat kabar China mengabarkan, untuk pertama kalinya serombongan turis asal China akan berlayar dengan kapal pesiar menuju kepulauan itu.

Menurut surat kabar The Global Times, sebanyak 100 orang turis itu masing-masing membayar sekitar 1.135 dolar Amerika Serikat untuk mengikuti paket perjalanan wisata selama empat hari. Jika perjalanan perdana itu sukses, ke depan wisata kapal pesiar tersebut akan dilakukan setiap sekali atau dua kali sebulan.

Sementara surat kabar Shanghai Morning Post menyebutkan, hanya mereka yang dalam "kondisi sehat" dan tidak "berberat badan normal" saja yang diperbolehkan mengikuti paket wisata itu.

Sebelumnya seperti diwartakan Kompas, para menteri luar negeri negara-negara anggota organisasi kawasan Asia Tenggara (ASEAN) sempat berang menyikapi rencana China menjadikan wilayah sengketa itu sebagai lokasi wisata. Sebelumnya China juga telah membangun sebuah kota baru, Shansa, di wilayah itu berikut markas garnisun militer beserta pasukannya di sana.

Dalam pertemuan antarmenlu ASEAN (AMM) di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, awal bulan ini, para menlu menilai apa yang dilakukan China telah melukai kesepakatan bersama dalam bentuk Deklarasi Tata Berperilaku Pihak-pihak di Laut China Selatan (DOC). DOC dihasilkan dan ditandatangani para kepala negara ASEAN dan China, yang hadir di KTT ASEAN, 4 November 2002, di Phnom Penh, Kamboja.

 

 

Sumber: AFP

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com