Kompas.com - 28/04/2013, 18:31 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan biro perjalanan wisata membawa pelanggannya untuk melihat-lihat pertunjukan kesenian. Namun, Artventure, sebuah penyedia jasa di bidang wisata, berusaha mengajak pelanggannya mempelajari kesenian.

"Awalnya concern kami di pendidikan, budaya, dan lingkungan. Kebanyakan kami berlatar belakang kesenian. Kami lihat banyak travel agent, bawa trip cuma untuk lihat-lihat saja. Kami ingin pengunjung yang datang bisa membawa sesuatu pulang," kata Ronny dari Artventure, saat ditemui saat pameran wisata "Kompas Travel Mart" di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Minggu (28/4/2013).

Oleh karena itu, Artventure menawarkan paket-paket wisata budaya termasuk artbound yaitu outbound dengan program kesenian. Pelanggan Artventure pun diberikan pelatihan kesenian, mulai dari belajar angklung sampai menari tari Saman.

"Kami lebih concern pada seni tradisional. Kami ingin kenalkan kesenian tradisional yang sudah mulai jarang ditemukan. Seperti alat musik tarawangsa di Sumedang, ini alat musik sepert rebab, bentuknya kotak," ungkap Ronny.

Selain itu, seperti dituturkan Arfan dari Artventure, pihaknya memiliki paket wisata budaya yaitu berkunjung ke kampung adat, seperti Kampung Kuta di Ciamis dan Kampung Naga di Tasikmalaya.

"Memang lebih di kawasan Jawa Barat. Kami berpusatdi Bandung. Karena ke kampung adat harus izin dulu ke ketua adat. Kalau di kawasan Jawa Barat, kami sudah kenal," tutur Arfan.

Kompas Travel Mart merupakan ajang pameran wisata tahunan yang diselenggarakan Harian Kompas. Acara ini berlangsung pada 26-28 April 2013 di mal Kota Kasablanka, Kuningan, Jakarta.

Dalam pameran tersebut, pengunjung bisa membeli aneka kebutuhan wisata, mulai dari penginapan, tiket pesawat, paket perjalanan, juga alat-alat penunjang wisata lainnya. Masing-masing stan menawarkan promo harga spesial. Selain pameran, ajang ini juga diisi dengan beragam talkshow mengenai wisata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.