Kompas.com - 29/04/2013, 07:49 WIB
EditorI Made Asdhiana

BEBEK peking memperoleh namanya dari daerah olahan asalnya di Peking atau Beijing, China. Namun, jika Anda ingin bertualang lidah dengan bebek paling enak di dunia, pergilah ke Hongkong.

Lalu cicipi bebek peking panggang istimewa yang makin manis setelah dicelup butiran gula pasir. Ya, gula pasir! Sepertinya memang terasa aneh, tetapi uniknya lidah Indonesia ini bisa cepat beradaptasi dan tak bisa berhenti mengunyah.

Shinji Miyazaki yang berasal dari Jepang memejamkan mata ketika menyantap sepotong bebek peking panggang. Ia berhenti sejenak merasakan daging yang seperti meleleh di mulut.

”Saya pernah makan bebek peking di Beijing. Namun, kalau soal rasa, bebek peking yang ini yang paling enak di dunia,” kata Miyazaki sambil terus menyumpit potongan-potongan bebek lalu menyantap dengan penuh penjiwaan.

Menu traditional Beijing roast duck alias bebek peking panggang yang disajikan di Restoran Kowloon Tang, Hongkong, memang spesial. Tak hanya soal rasa, penyajian dan cara menyantapnya dijamin membuat Anda terkenang-kenang.

Begitu menerima menu pesanan dari tamu, koki lantas memotong si bebek panggang tepat di samping meja tamu. Daging bebek lantas dipisahkan antara bagian kulit, daging permukaan, dan daging terempuk di bagian dalam.

Untuk kulit bebek yang berwarna coklat makarel itu sudah tersedia pelengkap makan berupa semangkuk kecil gula pasir. Kulit bebek cukup dicocol-cocol ke dalam mangkuk gula dengan sumpit.

Daging bebek yang superempuk itu bisa langsung disantap, tetapi ada cara lain yang terasa lebih lezat. Potongan daging diletakkan di atas semacam kulit pangsit sebelum dibubuhi irisan tipis timun, irisan bawang bombay, dan saus.

Kulit pangsit digulung dan segera meluncur, siap disantap. Rasa gurih daging berpadu dengan kesegaran sayur-sayuran dan asam manis saus.

Beruntung tersedia tumpukan kulit pangsit yang cukup banyak sehingga kehendak untuk terus mengunyah bisa terpuaskan. Potongan demi potongan daging kegemaran kaisar China itu pun lantas ludes tak bersisa.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.