Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Sehari ke Luar Kota? Bisa Banget!

Kompas.com - 29/04/2013, 10:04 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisakah wisata ke luar kota hanya dalam satu hari? Ternyata bisa saja. Setidaknya hal tersebut dibuktikan oleh Komunitas One Day Traveling atau komunitas wisata satu hari.

Komunitas tersebut berbasis di Jakarta. Para anggota komunitas kerap melakukan perjalanan wisata bersama-sama ke luar kota Jakarta.

"Kami jalan-jalan ke daerah yang maksimal bisa ditempuh dari Jakarta selama tujuh jam. Jadi bisa pulang pergi dalam satu hari," ungkap Arief Suharto, pendiri Komunitas One Day Traveling saat pameran "Kompas Travel Mart", di Jakarta, Minggu (28/4/2013).

Uniknya, seperti dituturkan Arief, perjalanan mereka ditempuh dengan angkutan umum seperti naik bus dan kereta api. Arief menambahkan, mereka tak menggunakan pesawat maupun kendaraan pribadi. "Tapi kami bukan backpacker," tambah Arief.

Ia menuturkan kebanyakan dari anggota komunitas berlatar belakang pekerja kantoran yang ingin berwisata namun tak punya banyak waktu.

"Misalnya ke Garut dan Cirebon. Tapi di kota itu, kita bisa jalan ke lima tempat wisata dalam satu hari," kata Arief.

Ia memberi contoh seperti perjalanan wisata yang pernah komunitas lakukan ke Cirebon. Perjalanan dari Jakarta, mereka tempuh dengan kereta selama tiga jam. "Dari Cirebon jam enam sore, kami sudah pulang (ke Jakarta). Tapi kami bisa berkunjung ke 5 tempat," katanya.

Keunikan lainnya adalah selama di Cirebon, tutur Arief, mereka berkeliling naik motor. Bukan sembarang motor melainkan ojek wisata. Pihaknya sengaja merangkul komunitas ojek wisata.

"Ini semacam komunitas ojek wisata. Mereka bukan tukang ojek. Sehari-hari mereka bekerja lain. Tapi bisa bawa wisatawan. Selama di jalan, mereka memandu kami," tutur Arief.

Sejak saat itu, komunitas ojek wisata terus belajar memandu selama perjalanan. Bahkan, lanjut Arief, komunitas ojek wisata berkembang dan mulai dipakai oleh hotel yang ada di Cirebon untuk mengantar tamu yang ingin berwisata di Cirebon dengan naik motor.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com