Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Becak sampai Monas Mini di Kota Tua

Kompas.com - 29/04/2013, 13:49 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah mendapat pertanyaan, di mana membeli oleh-oleh kerajinan di Jakarta?. Jawabnya mudah saja. Cukup datang ke Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, di situ bisa ditemukan sebuah gerai yang menjual berbagai pernak-pernik yang bisa dijadikan buah tangan.

Gerai tersebut berada di bawah asuhan Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua Jakarta. Ya, gerai tersebut layaknya toko oleh-oleh saat berkunjung ke Kota Tua. Aneka kerajinan dari berbagai bahan, harganya pun variatif.

Misalnya saja gelang atau kalung yang terbuat dari kayu atau kerang dengan berbagai ukuran, dijual mulai dari harga Rp 5.000. "Itu kita kebanyakan buat sendiri dari orang-orang di sini," kata Aco, salah satu penjaga toko.

Setiap harinya, menurut Aco, selalu banyak orang yang datang. Meski tak semua orang membeli, namun ia tetap senang karena toko menjadi selalu ramai.

"Ya, kadang rombongan, anak sekolah, turis juga banyak. Kadang enggak semua beli sih, paling ya cuma lihat-lihat," katanya.

Saat Sabtu dan Minggu adalah saat pengunjung ramai datang. Salah satu koleksi yang menarik adalah Monumen Nasional (Monas), becak dan sepeda onthel dalam bentuk kecil.

Miniatur becak dengan berbagai warna seperti aslinya, begitu pula dengan Monas. "Itu yang Monas ada yang warna lain, hitam. Ada yang bisa nyala juga ada lampunya," sambung Aco lagi.

Meski telah banyak koleksi kerajinan yang dijual pada gerai, Aco menuturkan akan ada banyak koleksi baru nantinya. Seperti tas tangan dengan bertuliskan "Jakarta" atau "I Love Jakarta". Karena sampai saat ini, belum ada produk dengan simbol tersebut. "Belum ada yang simbol Jakarta. Sudah ada nih tasnya, tinggal dibuat," paparnya.

Gerai UPK Kota Tua menempel langsung dengan kantor UPK Kota Tua, yang berada di samping Museum Sejarah Jakarta. Bahkan bisa dibilang gerai ini merupakan pintu masuk ke dalam kantor UPK. Jam buka gerai mulai pukul 08.00 hingga 22.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com