Kompas.com - 30/04/2013, 14:18 WIB
EditorI Made Asdhiana

DENPASAR, KOMPAS.com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika siap menjamin keamanan wisatawan Australia selama berada di Pulau Dewata dengan meminta polisi mengusut kasus perampokan dan pemerkosaan terhadap wisatawan asal negeri kanguru itu beberapa waktu lalu.

"Jangan khawatir datang ke Bali. Kami siap membantu, melayani, dan memberikan jaminan keamanan. Kami akan memerangi segala bentu kejahatan," kata Pastika di Denpasar, Selasa (30/4/2013).

Leylani Kate Taylor (28), wisatawan asal Perth, Australia, diperkosa, Sabtu (27/4/2013) dini hari di Vila Damais, Kuta Utara, tempatnya menginap. Ia berkunjung ke Pulau Dewata bersama keluarganya dengan tujuan berlibur.

Ketika perampok masuk ke dalam kamar, korban saat itu sedang tertidur pulas sendirian dan saat kejadian, petugas keamanan vila sedang tidak berjaga.

"Kejadian ini memprihatinkan sekali. Saya harus mengambil langkah-langkah, berbicara dengan aparat keamanan untuk mencoba mencegah hal-hal ini terulang kembali. Sekarang tugasnya bagaimana menangkap pelaku," kata mantan Kapolda Bali itu.

Calon Gubernur Bali pada pilkada 15 Mei mendatang itu mengingatkan bahwa yang tidak kalah penting adalah melakukan langkah-langkah preventif dan preemtif. Pastika mengakui pula kalau privasi wisatawan di vila itu penting, namun tentu tidak boleh mengesampingkan sisi keamanan.

"Kalau tempatnya jauh-jauh dan sepi sekali, ini mengundang orang untuk berniat jahat.  Privasi penting, keamanan juga penting. Oleh karena itu jangan terlalu privasi, harus ada satpamnya di situ," kata Pastika.

Gubernur Bali berharap pengelola vila dapat memanfaatkan petugas keamanan lokal dari desa adat, seperti pecalang supaya kasus serupa tidak terjadi lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.