Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PHK Buruh, Perusahaan "Digeruduk"

Kompas.com - 01/05/2013, 12:07 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ribuan buruh menggeruduk PT Inti Polymetal yang ada di dalam kawasan Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Cakung, Jakarta Timur, Rabu (1/5/2013) pagi. Buruh memprotes kebijakan perusahaan tersebut yang melakukan PHK sepihak terhadap salah seorang buruhnya.

"Ada kawan kami di perusahaan itu yang sedang menghadapi masalah karena di PHK sepihak dengan alasan demonstrasi tanpa izin," kata Sekjen Front Buruh Kawasan Pulogadung Yulius Johan dalam orasinya di depan ribuan buruh.

Meski demikian, aspirasi para buruh tersebut tak mendapat tanggapan dari pihak manajemen perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan metal tersebut. Pintu gerbang perusahaan itu dijaga beberapa sekuriti dan para buruh hanya diperkenankan berada di luar.

"Jika permasalahan ini tidak diselesaikan oleh perusahaan, kami berjanji akan kembali lagi ke sini untuk berjuang demi kawan kami," ujar Yulius.

Hanya sekitar 15 menit, para buruh yang tergabung dari sekitar 30 perusahaan di area JIEP tersebut pun melanjutkan aksi konvoinya ke Istana Negara, Jakarta Pusat. Dengan membawa bendera dan spanduk, para buruh yang rata-rata membawa sepeda motor itu pun pergi.

Ditemui secara terpisah, Direktur Operasional dan Pengembangan PT JIEP Dicky Digdoyo mengatakan, pihaknya tak dapat mengintervensi perusahaan yang melakukan PHK kepada buruhnya. Sebab, pemecatan itu hak perusahaan sendiri.

"Kami hanya bisa mengimbau perusahaan yang ada di kawasan Pulogadung agar beroperasi sesuai dengan perda dan pergub yang berlaku. Buktinya sudah UMP DKI semua," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com