Kriukk, Icip-icip Geprek Daun Singkong Magelang

Kompas.com - 03/05/2013, 09:40 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com - Ada beragam makanan yang bisa dihasilkan jika kita kreatif mengolah bahan singkong. Mulai dari kue kering, kue basah hingga keripik. Tidak hanya buah singkong saja, tapi daunnya pun bisa dibuat camilan yang enak.

Geprek Daun Singkong salah satunya. Cemilan ini berupa keripik terbuat dari daun singkong yang dihaluskan. Rasanya renyah dan gurih dengan aroma khas daun singkong.

Adalah Mega (47) yang berhasil mengkreasikan bahan tersebut. Awalnya dia tidak yakin produk kulinernya laku di pasaran. Tapi ternyata berkat kreatifitas dan kegigihannya, Grepek Daun Singkong dapat diterima masyarakat, baik lokal Magelang maupun luar kota Magelang.

Mega bercerita kalau awal usahanya hanya berangkat dari coba-coba sekitar setahun yang lalu. Ia ingin membuat sesuatu yang beda dan agak aneh, tapi gampang diterima atau disukai konsumen.

"Awalnya memang iseng, saya bikin sejumlah produk makanan dengan bermacam-macam bahan. Tapi akhirnya ketemu geprek singkong yang bahan baku utamanya hanya daun singkong," tuturnya saat ditemui di rumah produksinya Kampung Dumpoh, Potrobangsan, Kota Magelang, Jawa Tengah, Senin (15/4/2013).

Proses pembuatan Geprek ini sendiri cukup mudah. Daun singkong direbus terlebih dahulu. Setelah agak empuk, daun diangkat, dirajang lalu direbus lagi. Setelah empuk kemudian dipress dan dijemur.

"Setelah itu baru kemudian digoreng pakai tepung dengan campuran bumbu plus tepung dan terakhir dikemas," jelasnya.

Setiap hari Mega dibantu dengan 8 karyawannya mampu memproduksi Geprek Daun Singkong sebanyak 75-100 kilogram. Pembeli bisa memperoleh camilan ini di sejumlah toko oleh-oleh di Magelang, Temanggung, Jogja, Semarang, hingga Solo.

Harga yang dipatok pun sangat terjangkau, pembeli cukup merogoh kocek 10.000 ribu per bungkus dengan berat 2 ons. Sedangkan pembeli yang menginginkan jumlah yang banyak, Mega juga menjual per kilogram dengan harga Rp 35.000 dan Rp 80.000 per bal.

Bagi anda yang berkunjung ke Magelang, tidak ada salahnya membeli cemilan unik ini untuk oleh-oleh. Di toko oleh-oleh Grepek Daun Singkong milik Mega berlabel Berkah Abadi.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X