Kompas.com - 03/05/2013, 20:15 WIB
Editorkadek

JAKARTA, BANDA ACEH - Kalangan legislatif mengharapkan pihak swasta yang mengoperasikan kapal untuk kebutuhan transportasi masyarakat rute Kota Banda Aceh-Sabang agar benar-benar laik layar guna memberikan kenyamanan bagi penumpang.

"Saya berharap kapal penumpang khususnya yang beroperasi dari dan ke Sabang itu benar-benar laik layar," kata anggota DPRK Sabang Abdullah Imuem yang dihubungi dari Banda Aceh, Jumat (3/5/2013).

Ia mengatakan hal tersebut menanggapi keluhan masyarakat terhadap operasional salah satu kapal cepat rute Banda Aceh-Sabang yang dinilai "sudah berusia tua".

"KM Citra Jet, yang baru didatangkan dari kawasan Indonesia Timur itu tidak cocok dioperasikan diperairan Banda Aceh dan Sabang," katanya menambahkan.

Politisi Partai Aceh itu juga menjelaskan pihaknya sangat mendukung upaya-upaya yang berkeinginan mewujudkan kemajuan Kota "wisata" Sabang.

"Prinsipnya kita mendukung setiap rencana dan aksi dari berbagai pihak yang ingin memajukan Sabang. Tapi, jangan sampai juga mengabaikan keselamatan masyarakat," kata Abdullah Imuem.

Karenanya ia mengatakan jangan sampai tragedi tenggelamnya KMP Gurita di perairan antara Banda Aceh-Sabang terulang kembali akibat buruknya pelayanan transportasi.

"Artinya kita tidak lagi menginginkan peristiwa Gurita terulang kembali akibat kapal yang dioperasikan untuk melayani penumpang, ternyata tidak layak berlayar. Meski demikian saya tidak berharap mengatakan Citra Jet tidak layak berlayar," kata dia menambahkan.

Ia menjelaskan, kapal cepat KM Citra Jet itu membutuhkan waktu tempuh berkisar 80 menit, padahal normalnya pelayaran kapal cepat Banda Aceh-Sabang sekitar 45 menit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.