Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eksotisme Teluk Gorontalo dari Tangga 2000

Kompas.com - 04/05/2013, 13:32 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com - Jangan terkecoh dengan namanya, sebab jumlah anak tangga di obyek wisata Kota Gorontalo ini tidak sampai 2000 buah. Angka "2000" yang dilekatkan di nama "Tangga 2000" merupakan angka tahun peresmian obyek wisata yang terletak di Kelurahan Pohe, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo.

Lokasi wisata ini sangat dekat dari pusat kota, hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit berkendaraan untuk tiba di "Tangga 2000". Jika tidak punya kendaraan sendiri, Anda bisa menyewa becak motor (bentor), sebuah kenderaan khas Gorontalo. Cukup bayar Rp 5.000, pengemudi Bentor dengan senang hati akan mengantar Anda ke "Tangga 2000".

Sesuai namanya, "Tangga 2000" terdiri dari anak tangga yang dibuat dari beton dan menempel di tebing-tebing Pantai Pohe. Cukup banyak jumlah anak tangganya. Bentuknya juga bervariasi mengikuti kontur garis pantai yang berupa tebing.

Di tangga-tangga tersebut pengunjung bisa duduk-duduk sambil menikmati pemandangan Teluk Gorontalo yang eksotis. Dari sini, pemandangan Pelabuhan Gorontalo dengan lapang terlihat. Demikian pula lekukan tanjung-tanjung berderet di sepanjang Teluk Gorontalo yang masih merupakan bagian dari Teluk Tomini di Pulau Sulawesi.

Sambil menikmati jagung bakar manis khas Gorontalo, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan lalu-lalang perahu dan kapal nelayan. Maklum, di Pelabuhan Gorontalo, juga terdapat lokasi Tempat Pelelangan Ikan yang menjadi sentra penjualan para nelayan di sepanjang Teluk Gorontalo.

Pengunjung juga dapat menyewa perahu-perahu tersebut untuk memancing. Tetapi, dari "Tangga 2000", pengunjung juga bisa langsung memancing, sambil menikmati jagung bakar dengan bumbu sayur jantung pisang yang diiris tipis-tipis.

Penyuka fotografi juga wajib datang ke "Tangga 2000". Sebab, lokasi ini merupakan salah satu tempat paling pas untuk memotret lanskap Teluk Gorontalo. Datanglah pagi-pagi untuk mengejar matahari terbit.

Lalu, nikmati keindahan taburan sinar matahari yang baru terbit dan menghampar di sepanjang garis pantai. Atau, tunggulah hingga matahari terbenam. Momen matahari terbenam di "Tangga 2000" tidak kalah indahnya dengan suasana matahari terbenam di tempat lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com