Akhirnya, Hadir Jejaring Sosial untuk "Traveler"

Kompas.com - 05/05/2013, 15:37 WIB
Editorkadek

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai penelitian telah menyebutkan bahwa orang Indonesia senang berbagi melalui jejaring sosial. Salah satunya bertukar informasi mengenai traveling di Indonesia.

"Indonesia punya banyak destinasi wisata, tak hanya Bali. Tapi orang kurang kenal karena informasinya kurang. Biasanya dapat informasi melalui Facebook atau Twitter kalau ada teman yang posting saat traveling," ungkap Presiden Direktur Burufly.com Peter Goldsworthy, kepada Kompas.com, di Jakarta, Rabu (1/5/2013).

Ia melihat tren saat ini, orang Indonesia menggunakan beragam jejaring sosial saat berwisata, sebut saja Facebook, Instagram, Pinterest, sampai Twitter.

"Orang-orang mengirim twit saat wisata. Taruh foto saat wisata di Facebook. Kami inginnya mengumpulkan semua itu dalam satu platform dan membangun komunitas," tutur Peter.

Oleh karena itu, Burufly.com hadir untuk berusaha memenuhi kebutuhan tersebut. Situs ini bisa dibilang semacam jejarin sosial namun khusus untuk para pecinta traveling.

"Ini seperti gabungan antara Lonely Planet, Pinterest, Instagram. Lebih banyak tentang foto, walau ada sedikit ulasan juga," kata Peter.

Pengguna Burufly.com pun bisa menggunggah foto-foto perjalanan mereka. Porsi terbesar tentu saja destinasi-destinasi wisata di Indonesia.

Peter mengaku sampai saat ini telah lebih dari 12 ribu foto yang diunggah ke Burufly.com. Situs ini sendiri baru aktif sekitar lima bulan. Ia menuturkan berbeda dengan situs jejaring sosial lainnya, Burufly.com berusaha fokus pada urusan traveling.

"Seperti Facebook dan Twitter, itu banyak hal masuk di sana. Lalu Instagram juga, walau dicari hastag tentang traveling, tetap terlalu banyak. Situs-situs ini tidak fokus dan tak berhubungan secara langsung dengan traveling," katanya.

Dengan situs tersebut, ia ingin membangun komunitas yang dapat saling memberikan informasi mengenai wisata di Indonesia. Mulai dari hal sederhana seperti pergi ke mana, cara menuju ke destinasi tersebut, sampai apa saja yang bisa dilakukan di destinasi itu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X