Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/05/2013, 18:15 WIB
Editorkadek

CILEUNGSI, KOMPAS.com - Di tahun 2013, setiap bulan, Taman Wisata Mekarsari (TWM) menyelenggarakan "Bulan Buah Mekarsari". Ibarat pesta panen, setiap bulan mengusung tema buah berbeda-beda sesuai masa panen buah yang ada di TWM, Cileungsi, Bogor.

"Misalnya Januari itu bulan durian, Februari bulan rambutan, dan Mei ini adalah bulan jeruk," ungkap Public Relations TWM, Putri, kepada Kompas.com, Senin (6/5/2013).

Program Bulan Buah Jeruk berlangsung mulai tanggal 1 sampai 31 Mei 2013 dengan berbagai paket wisata bertemakan jeruk. Nah, apa saja wisata jeruk yang diselenggarakan TWM?

Kegiatan yang disiapkan pada bulan buah jeruk kali ini, yaitu Green Land Tour Plus, Fruity World Tour (Jeruk Atmosfir), Tur Kanal Jeruk, Kebunku, dan Orange Surprise.

Di paket Green Land Tour Plus, pengunjung diajak berkeliling menggunakan kereta, melihat kebun koleksi TWM yang sedang berbuah. Serta mengikuti kegiatan praktikum tentang tata cara perbanyakan buah jeruk seperti okulasi, stek ataupun cangkok.

Di wahana jeruk, pengunjung dapat memetik buah jeruk langsung dari pohonnya, dengan pilihan salah satu varietas antara lain Jeruk Siam, Jeruk Chokun, atau Jeruk Baby. Juga mendapatkan satu gelas jus jeruk segar.

Program lainnya yaitu Fruity World Tour atau Jeruk Atmosfir. Pengunjung bisa mengikuti workshop yang mengulas seputar buah jeruk. Pengunjung juga diajak keliling koleksi tanaman buah.

Program berikutnya adalah Tur Kanal Jeruk yang mengajak pengunjung menjelajahi Danau Cipicung menggunakan Perahu Naga. Sebelum ke dermaga, pengunjung akan diajak transit ke pinggir wahana kebun jeruk untuk menikmati buah jeruk dan berbelanja buah Jeruk yang baru dipanen dari atas perahu.

Fruit Show, program lainnya, menawarkan pengunjung sebuat acara edukasi yang dikemas atraktif. Pengunjung bisa mengetahui informasi dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) Taman Wisata Mekarsari.

Selama bulan buah jeruk, pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai materi tentang jeruk, dari mulai bagaimana membudidayakannya, manfaat jeruk untuk kehidupan sehari-hari, praktek menguji kandungan vitamin yang ada di buah jeruk dan masih banyak lainnya.

Terakhir adalah program Orange Surprise yang merupakan atraksi bagi-bagi buah kepada pengunjung. Acara dikemas dalam Lucky Draw dan Clown Sabotage.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+