Kompas.com - 06/05/2013, 19:58 WIB
Editorkadek

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka ikut memeriahkan Sail Komodo 2013 yang akan menyinggahi Lembata, Kapubaten Lembata di Nusa Tenggara Timur berencana mengadakan Rally Wisata Bahari Lembata 2013.

"Rally ini masuk dalam kalender tahunan pemerintah daerah Lembata. Rally Wisata Bahari Lembata ini untuk mendukung Sail Komodo 2013. Kami berharap rally ini bisa masuk juga ke kalender nasional," ungkap Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur saat acara peluncuran Rally Wisata Bahari Lembata 2013 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (6/5/2013).

Dalam acara rally tersebut, para peserta akan diajak mengunjungi obyek-obyek wisata menarik di antaranya Desa Dikesare untuk melihat atraksi lomba mancing dan menangkap ikan dengan tangan.

Lalu diajak ke Desa Beang melihat acara pacuan kuda. Sementara di Desa Lamalera untuk melihat tradisi menangkap ikan paus dan Desa Jontona untuk melihat 77 rumah adat.

Keseruan berlanjut dengan mengunjungi Desa Lusilame untuk menikmati kesejukan pegunungan Lembata. Lalu, di Kota Lewoleba sebagai tempat acara puncak kegiatan rally.

Puncak kegiatan di Lewoleba akan diisi dengan berbagai acara seperti penyambutan secara adat Lembata, karnaval budaya, serta jamuan makan malam.

Eliaser menyebutkan pariwisata merupakan salah satu sektor inti perekonomian Lembata. Apalagi, Lembata memiliki tradisi menangkap ikan paus di Desa Lamalera yang terkenal di dunia.

"Dengan kekayaan alam dan budaya Lembata. Juga branding pariwisata melalui tradisi penangkapan ikan paus di Lamalera. Tradisi yang hanya ada di Lembata," kata Eliaser. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.