Kompas.com - 07/05/2013, 08:05 WIB
EditorI Made Asdhiana

MENIKMATI akhir pekan, cobalah sesekali menikmati makanan khas di rumah makan tradisional yang ada di Jakarta. Sate betawi Haji Miin salah satunya yang patut dicoba.

Rumah makan sate yang sudah berdiri sejak 1986 ini berada di Jalan Setu, Cipayung, Jakarta Timur. Lokasinya tidak jauh dari Markas Besar TNI. Rumah makan ini gampang ditemukan karena memiliki ornamen atap khas rumah betawi.

Seperti sate pada umumnya, bumbu sate di rumah makan ini juga menggunakan kecap dan rajangan bawang merah, cabai, dan tomat. Namun, yang berbeda, sate ini memiliki daging yang empuk dan tidak berbau perengus. Bahkan kalau dibawa pulang, daging sate itu juga tetap empuk.

Setiap tusuk satenya juga hanya sedikit sekali ditemukan potongan lemak dan otot. Sate Haji Miin lebih banyak potongan dagingnya.

Kata salah satu pengelola rumah makan ini, Fatimah (43), sate di rumah makan itu memang hanya menggunakan daging.

”Kalau ada lemak, sebagian besar kami buang,” katanya.

Segarnya sate Haji Miin ini, pengunjung bisa melihat pada salah satu sudut di rumah makan itu, yaitu tempat memotong daging kambing menjadi potongan-potongan kecil untuk sate. Daging yang digunakan tampak merah segar dan kering, khas daging yang diperoleh dari hewan ternak yang baru disembelih.

Kata Fatimah, daging yang digunakan memang berasal dari kambing yang baru disembelih. Seperti sebagian kalangan orang Betawi, Fatimah mengaku ada kerabatnya yang sejak dulu menjadi pedagang kambing. Dari kerabatnya itulah, ia memperoleh pasokan kambing untuk disembelih dan dijadikan sate yang dijual di rumah makan Haji Miin.

”Tiap kali kehabisan daging, langsung potong kambing baru. Dalam sehari bisa motong dua sampai tiga ekor,” kata Fatimah.

Tak hanya sate, di rumah makan Haji Miin ini juga disediakan sop kambing betawi yang cukup dikenal dengan racikan bumbunya yang terdiri dari jahe, kapulaga, kayu manis, dan kembang lawang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.