Kompas.com - 08/05/2013, 08:32 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

SINGAPURA, KOMPAS.com - Jika Anda sedang berjalan-jalan di Orchard Road, Singapura, jangan lupa untuk mencicipi es potong yang sudah termasyhur di daerah tersebut. Dijajakan di sudut-sudut jalan, es potong menjadi sajian yang sayang untuk dilewatkan pecinta kuliner.

Berwisata mata di antara megahnya bangunan pusat perbelanjaan di kawasan Orchard Road, terkadang membuat dahaga para wisatawan. Di saat seperti ini lah gerobak yang menjajakan es potong paling pas dipilih sebagai jajanan untuk membasahi tenggorokan.

Murah saja, cukup merogoh 1 dollar Singapura dari saku, es potong bisa dipilih dengan aneka rasa, seperti vanila, stroberi, cokelat, durian, sampai lava. Cara menikmatinya pun beraneka ragam, mulai dengan cone, cup, wafer, atau selembar roti.

espotong

Penjual es potong di Singapura. (KOMPAS.COM/IRFAN MAULLANA)

"Cuma 1 dollar, di sini. Jajanan paling murah di Orchad, kita tahu sendiri di sini jualnya Prada, LV," kata salah satu pelancong asal Indonesia, Lina, saat berbincang dengan Kompas.com di Orchard Road, Singapura, Senin (6/5/2013).

Lina yang saban tiga bulan sekali berkunjung ke Negeri Merlion untuk medical check-up itu, tak pernah absen mencicipi es potong lava kesukaannya. Bahkan, Lina sampai tahu persis kekhasan di balik kelezatan es potong ini.

"Jadi ini khasnya kalau di Singapura, es potong yang jualnya opa-oma. Mereka biasa dipanggil uncle atau aunty. Dan uniknya es ini ada yang bilang Orchard Ice Cream, atau ada yang bilang juga es potong," cerita Lina.

Sepintas es potong tak begitu istimewa, sekalipun uncle atau aunty dalam semenit bisa menghabiskan satu kotak es untuk melayani para pembeli. "Es krimnya sih biasa, di Indonesia juga banyak. Malah di Jakarta sudah ada yang jual seperti ini," ungkap Lina.

Namun, entah mengapa gerobak es potong bagaikan oasis di Orchard Road yang selalu diserbu para wisatawan yang ingin sekadar membasahi tenggorokannya sekali pun beberapa mini market di tempat yang sama menawarkan berbagai minuman kemasan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.