Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memunculkan Ide Liburan melalui Film

Kompas.com - 10/05/2013, 17:09 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak hal yang bisa menginspirasi untuk melakukan perjalanan liburan, salah satunya melalui film. Karena dalam film sering tak hanya disajikan keindahan alam saja, tetapi juga digambarkan bagaimana lingkungan masyarakat sekitar yang bisa menjadi daya tarik sendiri.

Adegan-adegan tak biasa yang dilakukan para tokoh pun menjadi salah satu sumber inspirasi kegiatan apa yang bisa dilakukan saat berada di tempat yang sama sesuai dengan latar film.

Baru-baru ini, Huffington Post merilis beberapa film yang bisa menarik orang untuk melakukan liburan. Salah satunya yakni film Eat, Pray, Love, yang berlatarkan keindahan Pulau Dewata, Bali. Ada pun, film-film lainnya juga mengambil sisi-sisi terbaik dari suatu kota di sebuah negara. Alur cerita yang dimiliki mulai dari cerita percintaan hingga bercerita tentang petualangan.

Under the Tuscan Sun

Film drama romantis mengangkat kisah nyata Frances Mayes, dengan tokoh utama memiliki nama sama dengan aslinya. Dalam film, Frances yang dibintangi oleh Diane Lane, menceritakan tentang kegagalan pernikahannya. Kemudian Frances memutuskan untuk wisata ke Italia dengan menggunakan bus, saat itulah hidupnya banyak berubah.

Frances yang akhirnya membeli sebuah villa di Tuscan. villa yang sangat indah namun hampir rubuh. Akhirnya dengan kemampuannya, ia mambangun kembali villa tersebut. Ia pun menjelajah kehidupan di Italia dan sangat takjub dengan keindahan desa Tuscan.

Di sana ia menemukan wine terbaik, puncak bukit desa yang menawan dan pedesaan Tuscan yang sangat indah. Ia mengatakan "Life is beautiful in Tuscany" atau dalam bahasa Italia "La vita e bella".

Tak perlu menjadi Frances dengan membeli villa di Tuscan, jika sempat untuk berlibur ke sana, nikmatilah matahari terbenam ala Tuscan. Portal online HomeAway.co.uk memiliki banyak villa yang bisa disewakan saat ingin berlibur di Italia untuk memberikan sedikit rasa "la bella vita" atau keindahan dunia.

Eat, Pray, Love

Film lain yang mengangkat kisah nyata. Eat, Pray, Love mengangkat kisah seorang wanita yang meninggalkan pernikahannya untuk mencari jati diri dengan melakukan perjalanan berkeliling dunia. Film yang dibintangi oleh Julia Roberts membawa penonton ke Italia, India dan Indonesia.

Dalam film, Julia menghabiskan selama empat bulan di Italia. Di sana ia menikmati cara  hidup dan makan orang Italia (Eat). Setelah dari Italia, ia beralih ke India. Di India, ia menemukan spritualitasnya (Pray). Sedangkan yang terakhir, yakni di Indonesia tepatnya di Bali, ia menemukan dirinya dan cintanya (Love).

The Best Exotic Marigold Hotel

Film yang dibintangi oleh Dames Judi Dench, Maggie Smith dan Bill Nighy, menceritakan tentang petualangan mengikuti sekelompok pensiunan Inggris yang berangkat ke Jaipur, India untuk memulai hidup baru di sebuah hotel khusus untuk pensiunan.

Ternyata, kehidupan di India tak seindah yang dibayangkan. Adegan cukup menyentuh saat dipertunjukkan bagaimana seorang turis menyesuaikan diri dengan kehidupan di Jaipur. Melalui film ini akan ditampilkan bagaimana sebuah negara bisa "membentuk" seseorang. Dalam film ini pun penonton dibuat larut dengan India yang penuh warna, orang-orang yang ramah dan budaya yang unik. Meningkatkan semangat untuk segera mengunjungi langsung ke India.

Seven Years in Tibet

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com