Kompas.com - 10/05/2013, 20:21 WIB
EditorI Made Asdhiana

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakata, merencanakan pintu masuk obyek wisata Gua Pindul satu pintu setelah disahkannya Rancangan Peraturan Daerah tentang Kepariwisataan.

Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Disbudpar Gunung Kidul, Harry Sukmono di Gunung Kidul, Jumat (8/5/2013), mengatakan Gua Pindul pasca ditetapkan perda pengelolaan wisata bukan tanggung jawab pemkab, namun dikelola oleh desa dan masyarakat setempat di bawah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Nantinya, setiap obyek wisata dan desa wisata harus memiliki Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) sebagai bukti sudah melakukan kelayakan usaha," kata Harry.

Ia mengatakan munculnya wacana baru tiket masuk obyek wisata alam Gua Pindul di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo akan menjadikan satu pintu semakin menguat bahkan sudah dalam pembicaraan teknis.

Kepala Desa Bejiharjo, Suyanto mengatakan Pemerintah Desa (Pendes) Bejiharjo masih menunggu salinan draf Perda tentang Kepariwisataan dan rencana teknis pelaksanaan penerapan satu pintu menuju Goa Pindul.

"Wacana tiket satu pintu tersebut sudah lama muncul, tapi kami masih menugu salinan draft perda untuk merealisasikan dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat," kata Suyanto.

Menurut dia, pemberlakuan tiket satu pintu untuk mengindari persaingan antar-pengelola. Pihaknya juga sudah membicarakan ke seluruh pengelola. "Jika terwujud itu untuk kepentingan bersama," katanya.

Saat ini tiket masuk Gua Pindul dikelola empat pengelola wisata yaitu Dewa Bejo, Wirawisata, Panca Wisata, Tunas Wisata, dan akan berdiri Taruna Wisata.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X