Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waesellue, Air Terjun Indah Tak Tersentuh Pemerintah

Kompas.com - 12/05/2013, 15:30 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis

BONE, KOMPAS.com - Sebuah air terjun yang memiliki pesona sangat menarik terdapat di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Air terjun yang memiliki 4 susun serta airnya yang bersumber dari dalam goa itu ramai dikunjungi warga lokal sekadar untuk menghabiskan penat setelah bekerja seharian.

Warga setempat memberinya nama Waesellue yang berarti air yang menyelam lantaran air berasal dari mulut goa dan tak bisa yang tertutupi bebatuan indah dari langit-langit gua. Jarak 10 meter dari mulut gua merupakan susunan pertama air terjun ini serta diikuti 3 susun lainnya dengan jarak 15 sampai 20 meter. Dari susunan pertama hingga ketiga air terjun hanya memiliki ketinggian 2 meter namun pada susunan yang keempat air terjun ini memliki ketinggian 15 meter.

Berada di lokasi air terjun ini, maka kesejukan sangat terasa serta percikan air yang terhembus angin semakin menambah pesona kawasan ini. "Saya baru pertama kali ke tempat ini karena memang baru saya tahu bahwa ada air terjun di sini," ujar Diana, salah seorang pengunjung, Minggu (12/5/2013).

Sayangnya air terjun yang terletak di Dusun Kajuara, Desa Mulanmenre'e, Kecamatan Ulaweng ini tidak pernah sama sekali dilirik oleh pemerintah setempat dalam hal ini Dinas Pariwisata Kabupaten Bone. Padahal jarak air terjun ini dari kota Watampone hanya sekitar 29 kilometer dan bisa dilalui dengan kendaraan roda empat maupun sepeda motor. Hanya saja pengunjung harus melalui jalan berbatu tanpa pengaspalan dan berjalan kaki sejauh 50 meter dengan menyusuri rimbunan semak belukar serta hutan rimba.

"Selama ini kami hanya gunakan untuk mengairi sawah dan belum ada orang dari Dinas Pariwisata yang datang ke sini, padahal sudah lama kami ajukan ini agar dijadikan obyek wisata," kata Fitri, Kepala Desa (Kades) setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com