Kompas.com - 13/05/2013, 14:38 WIB
EditorI Made Asdhiana

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menyiapkan pengembangan wisata sungai sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Wali Kota Pekalongan, Basyir Ahmad di Pekalongan, Senin (13/5/2013), mengatakan saat ini pemkot telah menyiapkan dermaga baru di kawasan Jetayu dan Kampung Batik Kauman yang bisa dilalui oleh kapal kecil.

"Penataan wisata sungai ini akan kami lakukan secara bertahap sebagai upaya menciptakan lingkungan yang sehat. Pada tahap awal, penataan wisata ini akan dimulai dari bawah jembatan Sungai Loji hingga sepanjang sungai menuju Jalan Diponegoro," katanya.

Pengembangan wisata sungai itu juga tidak lepas dari upaya pemkot setempat memantau kondisi sungai dari pencemaran limbah industri.

Basyir mengatakan bahwa pemkot telah melucurkan program kali bersih sebagai upaya menciptakan lingkungan bersih di sekitar bantaran sungai. "Dari program tersebut, saat ini kondisi air sungai yang semula berwarna hitam pekat kini mulai berangsur cukup baik dan tidak sampai menimbulkan bau menyengat," katanya.

Untuk mendukung pengembangan wisata sungai, pemkot juga akan menekan tingkat pencemaran limbah di sungai setempat.

Pemkot Pekalongan akan memperbanyak jumlah instalasi pengolahan air limbah (IPAL) pada industri batik rumahan. "Selain itu, kami juga membuat IPAL perorangan di Kampung Batik Pesindon, dan IPAL bersama di Kauman. Kami berharap program kali bersih ini akan mampu mendukung tingkat kunjungan wisata dari potensi obyek wisata lainnya yang telah dimiliki Pemkot Pekalongan," kata Basyir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.