Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Unit Pesawat Tua Milik Garuda Dilelang

Kompas.com - 13/05/2013, 19:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) masih melakukan tender terbuka untuk menjual dua armada Boeing 737-500 miliknya dalam rangka peremajaan armada pesawat.

Emirsyah Satar, Direktur Utama Garuda Indonesia, mengatakan dua pesawat miliknya tersebut juga tidak akan dijadikan carter atau kargo. "Kalau untuk pesawat kargo, pesawat Boeing 737-500 terlalu kecil kapasitasnya. Jadi saat ini masih ditender," katanya, akhir pekan lalu.

Tahun ini Garuda memang berencana melakukan peremajaan pesawat yang dioperasikan dengan melepas empat unit pesawat Boeing 737 series. Empat pesawat tersebut terdiri dari dua unit Boeing 737-300 dan dua unit Boeing 737-500. Boeing 737-300 itu sewa, jadi akan dikembalikan ke lessor. Tapi kalau seri 500 itu sudah milik Garuda.

Saat ini perusahaan pelat merah itu sudah melakukan tender terbuka untuk maskapai lain dan lembaga pemerintahan yang berniat membeli dua pesawat yang sudah berusia 15 tahun tersebut. Tapi jika dalam jangka waktu yang sudah ditentukan ternyata belum juga laku, maka kemungkinan besar dua pesawat tersebut akan dijadikan pesawat carter di sejumlah rute.

"Pilihan kami tetap charter, karena kalau digunakan untuk reguler terlalu boros biaya operasionalnya," katanya. Dua pesawat berkapasitas 90 kursi itu biasa dioperasikan Garuda di hub Makassar.

Garuda sebelumnya juga menjual empat unit pesawat jenis Boeing 737-400 pada 2012 kepada maskapai asal Nigeria melalui mekanisme lelang terbuka. BUMN penerbangan ini juga pernah menjual dua unit lagi ke Angkatan Udara Republik Indonesia dan salah satu maskapai nasional.

Adapun harga untuk satu unit pesawat yang dijual ke maskapai Nigeria tersebut sebesar 3 juta dollar AS-5 juta dollar AS. Penjualan pesawat tersebut untuk membatasi usia armada pesawat Garuda Indonesia menjadi tujuh tahun dari sebelumnya 12 tahun. (Sanusi/ Tribunnews)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com