Menikmati Akhir Pekan Wisata Spa? Ini Tipsnya... - Kompas.com

Menikmati Akhir Pekan Wisata Spa? Ini Tipsnya...

Kompas.com - 15/05/2013, 11:36 WIB

KOMPAS.com - Usai lelah bekerja selama sepekan, saatnya menyegarkan tubuh dan pikiran dengan pelesir sejenak di akhir pekan. Salah satu wisata akhir pekan yang bisa dicoba adalah wisata spa.

Di Indonesia, tradisi pemijatan sudah berlangsung secara turun temurun dan setiap daerah memiliki kekhasan masing-masing. Unsur-unsur tradisional ini biasa diadopsi oleh tempat-tempat spa.

Nah, jika badan dan tubuh Anda terlalu lelah untuk berwisata akhir pekan yang terlalu banyak aktivitas, lakukan saja wisata spa. Buat program dua hari satu malam penuh dengan kegiatan menyehatkan badan dan pikiran. Berikut tips berwisata spa.

Cukup satu malam saja. Walaupun spa bisa selesai seharian, tetapi agendakan waktu dua hari satu malam. Tetapi, tak perlu juga mengagendakan wisata spa Anda terlalu lama, misalnya sampai seminggu.

Pilihan destinasi. Pilih destinasi yang memang merupakan destinasi spa atau memiliki tempat-tempat spa. Anda bisa juga memesan kamar di hotel atau resor khusus spa. Ada banyak akomodasi menitikberatkan pada spa seperti ini di Indonesia. Sebut saja di Magelang, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bali, dan daerah-daerah lainnya.

Tak hanya soal pijat. Buatlah program wisata spa secara menyeluruh, bukan sekadar perawatan tubuh. Mulai saja dengan aktivitas olahraga di pusat kebugaran atau jogging. Lalu barulah perawatan spa. Pilih spa seluruh tubuh dari ujung kepala sampai kaki.

Lalu pastikan juga program Anda termasuk soal kebugaran, tetapi juga makanan. Oleh karena itu, pilih tempat makan yang menyediakan makanan-makanan sehat berbahan alami maupun organik.

Jika pilihan Anda hotel, pastikan hotel memiliki tempat spa, pusat kebugaran, dan menu makanan yang sehat. Aktivitas lainnya yang bisa Anda pilih adalah meditasi dan yoga.

Naik sepeda di seputaran tempat Anda menginap juga bisa menjadi pilihan. Pastikan olahraga yang Anda pilih adalah olahraga ringan bukan yang terlalu berat, seperti bermain sepak bola.

Detoks pikiran. Jangan hanya tubuh Anda, pikiran juga perlu disegarkan kembali. Saatnya menjauhkan diri dari benda-benda teknologi yang berhubungan dengan kantor. Saat berwisata spa, tak usah membawa tablet ataupun laptop.

Cukup membawa satu telepon genggam saja. Kalau Anda sanggup, bawa saja telepon genggam "jadul" yang hanya bisa untuk SMS dan telepon. Namun, jika berjauh-jauhan dengan ponsel pintar membuat Anda semakin stres, maka cukup bekali diri Anda dengan satu ponsel pintar.

Walaupun, bila Anda benar-benar menikmati momen berwisata spa, ponsel pintar pun akan Anda cueki. Oleh karena itu, sebelum pergi berwisata spa, pastikan semua kerjaan sudah selesai sehingga Anda benar-benar tak terganggu.

Buat jadwal program. Nah, sudah tahu mau beraktivitas apa saja selama berwisata spa? Pilih program yang Anda sukai, lalu atur jadwalnya.

Misalnya pagi hari Anda bermeditasi. Kemudian dilanjutkan bersepeda keliling pedesaan sekitar tempat Anda menginap. Kelar itu bisa dilanjutkan makan siang dengan menu sehat. Setelah istirahat sebentar, bisa lanjut ke pusat kebugaran.

Setelah itu, makan malam, tentu dengan menu sehat, lanjutkan dengan spa. Barulah malam Anda tutup dengan tidur yang nyenyak usai pijat.

Pilihan lain adalah melakukan yoga di pagi hari lalu lanjutkan spa selama seharian. Barulah ditutup dengam minum teh di sore hari dan menikmati malam hari dengan bersantai membaca novel yang sudah lama tak bisa Anda selesaikan.

Cari harga murah? Memang, harus pintar-pintar mencari tempat spa yang bagus namun terjangkau. Harga bukanlah segalanya. Jika Anda tak mampu menikmati spa di resor ternama, pilih saja tempat spa biasa.

Di destinasi spa ada banyak pilihan, tak hanya spa mahal yang ada di hotel-hotel berbintang. Contoh saja Ubud di Bali. Daerah ini memiliki tempat spa dari hotel-hotel berbintang dengan harga perawatan jutaan sampai ke spa bagus nan murah dengan harga hanya di sekitaran Rp 100.000.

Manfaatkan internet dengan mencari vocer-vocer diskon spa di hotel. Biasanya di musim-musim tertentu hotel seringkali memberikan diskon untuk perawatan spa. Tentu pemilihan waktu berpengaruh pada harga.

Tempat spa umumnya memberikan diskon di luar akhir pekan. Begitu pula hotel-hotel semacam resor. Sementara hotel bisnis sebaliknya, akan memberikan diskon pada saat akhir pekan.


EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X