Kompas.com - 15/05/2013, 21:57 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam rangka memeriahkan Hari Museum Internasional 2013, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta akan menggelar Jakarta Festival Museum Day (JFMD). Acara tersebut akan diselenggarakan pada 18 Mei 2013 di Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta Barat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman mengatakan, peserta JFMD tahun ini mencapai 45 museum. Angka tersebut meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni 43 museum.

"Di Jakarta, ada 53 museum dan yang mengikuti acara ini sebanyak 45 museum," kata Arie di Balaikota Jakarta, Rabu (15/5/2013).

Arie mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke museum. Selain itu, warga Jakarta dapat mengetahui berbagai museum yang ada di Ibu Kota yang jumlahnya mencapai 53 museum.

Kepala Bidang Pengelolaan Daya Tarik Destinasi Disparbud DKI Jakarta Ida Zubaidah menargetkan jumlah pengunjung JFMD 2013 mencapai 10.000 orang. Ia juga mengimbau agar pengunjung tidak membawa kendaraan pribadi saat berkunjung karena keterbatasan lahan parkir. Angkutan umum yang dapat menjadi alternatif adalah bus transjakarta.

"Kita imbau agar pengunjung tidak menggunakan kendaraan pribadi karena keterbatasan parkir dan lebih enak naik busway karena sekarang kawasan Kota Tua juga sudah dilintasi busway sehingga dapat menjangkau lokasi lebih dekat, cukup dengan berjalan kaki," kata Ida.

Tema yang diambil pada pelaksanaan JFMD 2013 mengacu pada tema Hari Museum Internasional 2013, yaitu museum merupakan memori atau kenangan yang ditambahkan dengan kreativitas untuk menuju perubahan sosial. Para pengunjung juga tidak dikenakan biaya.

Selain pameran, dalam rangkaian FJMD 2013 juga akan ada beberapa kegiatan. Di Kota Tua, misalnya, akan ditampilkan pagelaran Week and Kota Tua. Adapun Museum Wayang mengadakan festival dalang cilik, pameran wayang, dan pagelaran wayang Banyumas semalam suntuk dengan menampilkan dalang Ki Anom.

Museum-museum yang mengikuti acara ini adalah Monumen Nasional (Monas), Museum Tekstil, Museum Taman Arkeologi Onrust, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Balai Konservasi, Unit Pengelola Kota Tua, Museum Al Quran PTIQ Lebak Bulus, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Museum Tragedi 12 Mei Universitas Trisakti, Museum Bahari, dan sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.