Kompas.com - 16/05/2013, 11:54 WIB
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai upaya terus menerus meningkatkan layanan kepada pengguna jasa dan untuk lebih mendekatkan diri kepada pelanggan, khususnya para pengguna jasa kargo, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk meresmikan Cargo Service Center (CSC) Cimone, Tangerang, pada hari ini, Kamis (16/5/2013 ).

Peresmian ini bersamaan dengan peresmian CSC di Yogyakarta, Jawa Tengah, dimana kedua CSC ini merupakan CSC Garuda Cargo yang ke 26 dan ke 27. Peresmian Cargo Service Center yang berlokasi di Jalan Merdeka Raya No. 2, Tangerang, tersebut dilaksanakan oleh VP SBU Garuda Cargo Rajendra Kartawiria.

Kini, Garuda Indonesia Cargo telah mengoperasikan 27 Cargo Service Center yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, di antaranya di kota Medan, Jambi, Tanjung Karang, Jakarta, Bandung, Jogja, Solo, Semarang Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Banjarmasin, Kupang, Jayapura, Timika, dan Tangerang .

Cargo Service Center merupakan layanan Garuda Cargo yang berfungsi sebagai Sarana Promosi sekaligus Pusat Layanan Cargo dan Outlet Penjualan. Melalui layanan tersebut, SBU Garuda Cargo akan melayani pengiriman barang dari City to Door dan City to City, di mana Cargo Service Center berfungsi sebagai Drop and Pick up Point.

Selain itu, melalui layanan ini para pengguna jasa dapat melakukan pengiriman dan pengambilan barang atau dokumen di Cargo Service Center terdekat tanpa harus datang ke bandara .  

Selain untuk meningkatkan layanan kepada pengguna jasa kargo, peresmian Cargo Service Center tersebut juga ditujukan untuk mendukung program peningkatan angkutan kargo yang sejalan dengan program pengembangan jaringan kargo Garuda Indonesia .  

Bisnis kargo di dunia masih mengalami penurunan terutama dipacu oleh krisis Eropa. Namun demikian kargo Garuda masih tumbuh 11 persen pada tahun 2012 dan sekitar 12 persen pada triwulan 1 tahun 2013 ini.  

Seiring dengan pengembangan armada Garuda Indonesia, maka kapasitas angkut kargo Garuda juga akan meningkat. Pada tahun 2013 ini Garuda Indonesia group akan menambah 36 pesawat termasuk 4 pesawat B777-300 ER dan 3 pesawat A330-200 yang merupakan pesawat berbadan lebar.

Selain menambah kapasitas dan frekuensi pada rute yang ada, pesawat berbadan lebar ini akan digunakan untuk membuka kembali penerbangan langsung ke London, Inggris .  

Sedangkan di domestik, beberapa waktu lalu Garuda Indonesia telah meresmikan Medan sebagai hub ketiga setelah Jakarta dan Makassar. Sehingga kargo Garuda Indonesia juga akan menjadikan Medan dan Makassar sebagai hub kargo .      

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.