Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Turis Eropa, Indonesia Tampil di Hannover

Kompas.com - 16/05/2013, 16:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia mengikuti kegiatan pariwisata internasional Landpartie Schloss Buckeburg di Hannover, Jerman, 30 Mei-2 Juni 2013, untuk menggenjot kunjungan wisatawan mancanegara khususnya dari Eropa ke Indonesia.

"Keikutsertaan Indonesia pada acara ini merupakan salah satu upaya menjaring minat calon wisatawan yang menghadiri event tersebut untuk berkunjung ke Indonesia," kata Direktur Jenderal Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Esthy Reko Astuti di Jakarta, Rabu (16/5/2013).

Ia mengatakan, wisatawan yang hadir pada acara tersebut khususnya wisatawan dari kawasan Eropa akan diberikan informasi tentang program Wonderful Indonesia.

Kemenparekraf akan menyajikan semua potensi pariwisata Indonesia melalui keindahan alam dan industri kreatif di tanah air. "Kami akan bekerja sama dengan KBRI Berlin untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dengan konsep acara khusus," katanya.

Konsep acara yang akan ditampilkan di antaranya pertunjukan musik, pertunjukan batik/kain nusantara oleh desainer Indonesia, displai batik oleh Red Batik Carnival, dan lomba permainan tradisional Indonesia bagi anak-anak.

Tim promosi pariwisata Indonesia terdiri atas penyanyi jazz remaja Diah Ayu Lestari, fashion show dari koleksi desainer Ferry Sunarto dan Dian Pelangi, serta pertunjukan kostum karnaval batik oleh Red Batik Carnival dari Solo.

"Melalui pementasan berbagai karya budaya pada event ini merupakan salah satu gerakan budaya untuk mempromosikan kepariwisataan Indonesia kepada dunia internasional," katanya.

Menurut Esthy, keberadaan warisan budaya bisa menciptakan suatu karya seni yang kreatif dan inspirasi sehingga potensi itu bisa menjadi salah satu daya tarik yang kuat agar masyarakat internasional untuk mengunjungi Indonesia.

Landpartie Buckeburg merupakan pesta rakyat yang merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Istana Buckeburg (salah satu tujuan wisata utama di Jerman, kediaman Pangeran Schaumburg-Lippe yang dibangun sekitar 700 tahun lalu) dengan mengangkat tema tertentu dua kali setahun pada awal musim panas dan menjelang perayaan Natal.

Pada kesempatan itu, delegasi Indonesia akan menyertakan penyanyi jazz remaja berusia 15 tahun Diah Ayu Lestari yang akan menyanyikan lagu-lagu daerah. Diah Ayu sempat meraih rekor MURI pada 12 Februari 2012 di kota Solo untuk launching album rekaman terunik sekaligus pernah berpartisipasi dalam promosi pariwisata Indonesia di Tong Tong Fair 2012 di Belanda.

Indonesia membidik 16 negara target pasar yang tersebar di seluruh Indonesia dan untuk Eropa ada lima negara utama yang dibidik yakni Jerman, Belanda, Perancis, Inggris, dan Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com