Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lezatnya Sop Buntut Pak Sugeng

Kompas.com - 17/05/2013, 06:45 WIB

KOMPAS.com - Wisata kuliner pada hari pertama di Yogyakarta masih berlanjut. Kali ini saya mampir ke warung penjual sop buntut di Jalan HOS Cokroaminoto. Namanya Sop Buntut Pak Sugeng. Sop Buntut ini sudah cukup terkenal di Yogyakarta, dan sudah mulai berjualan sekitar tahun 2006.

Di warung yang cukup sederhana ini Sop Buntut Pak Sugeng berjualan bersama penjual rujak/lotis buah. Tapi penjual rujak/lotis ini lebih lama berjualan, yaitu mulai dari tahun 1981. Waktu saya datang memang ramai warung ini, saya sempat berbincang sejenak dengan pemiliknya, Sugeng. Menurut Sugeng, dalam sehari bisa mengabiskan 40 hingga 50 kg daging dan buntut sapi.

Sebenarnya warung ini tidak hanya menjual sop buntut, tapi ada menu lain seperti sop ayam kampung, sop ayam potong dan sop kikil. Tentu disini yang paling favorit adalah menu sop buntut.

Saat saya ngobrol dengan Sugeng yang sedang sambil melayani pelanggan, saya juga melihat panci besar untuk merebus penuh dengan buntut dan daging sapi, kuah mengepul, aromanya juga hmmm... bikin tambah lapar saja. Langsung saja deh saya pesan ke Pak Sugeng satu porsi sop buntutnya.

sop-buntut-pak-sugeng-03

Sop buntut Pak Sugeng. (WWW.REKOMENDASI.ME)

Selain pesan sop buntut saya juga pesan satu porsi lotis buah. Untuk sop buntutnya berisi potongan buntut, kacang merah, wortel dan kentang. Kuah sopnya memang lezat, daging pada buntutnya juga empuk. Dengan tambahan kacang merah, wortel dan kentang sop buntut ini lebih terasa komplit. Sambalnya juga pedas, dapat menambah kelezatan sop buntut ini.

Untuk masalah harga di sini, jangan kaget ya, satu porsi sop buntut hanya dibandrol Rp 15.000. Harga yang sangat terjangkau menurut saya untuk seporsi menu sop buntut yang lezat ini. Sementara harga sop daging Rp 15.000, sop ayam kampung Rp 10.000, sop ayam otong Rp 8.000, dan sop kikil Rp 8.000.

Sedangkan lotis buahnya, dalam satu porsi berisi potongan buah-buahan seperti nanas, bengkoang, pepaya, timun, dan mangga. Harganya Rp 5.000. Untuk sambelnya diberikan satu porsi kecil yang terbuat dari gula jawa dan cabai. Warung ini boleh jadi salah satu rekomendasi kalau Anda sedang mau menikmati kuliner di kota Yogyakarta. (Frans)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com