Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belitung Tawarkan Kekayaan Kultural dan Keindahan Alam

Kompas.com - 17/05/2013, 14:56 WIB

PANGKALAN BARU, KOMPAS.com — Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi mengumumkan peluncuran  Belitung Beach Festival 2013. "Belitung Beach Festival 2013 menawarkan kekayaan kultural dan keindahan alam Belitung. Jadi, bagi yang ingin melihat keindahan negeri Laskar Pelangi, silakan berkunjung," kata Wagub di Pangkalan Baru, Jumat (17/5/2013).

Peluncuran Belitung Beach Festival (BBF) 2013 dilaksanakan bersamaan dengan penutupan Temu Mitra Regional yang dilaksanakan oleh Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM).

Acara itu dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UMKM Syarif Hasan serta perwakilan pelaku koperasi dan UMKM dari 13 provinsi di seluruh Indonesia, termasuk DKI Jakarta, Aceh, Banten, Bengkulu, dan Jawa Barat. Soft launching ditandai dengan pemukulan gong oleh Menteri Urusan Koperasi dan UKM Syarif Hasan dan Wagub Babel Rustam Effendi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel Yan Megawandi mengatakan, persiapan Belitung Beach Festival sudah hampir 100 persen. "Saat ini sudah tahap geladi resik, rombongan partisipan dari luar daerah yang berjumlah 75 orang sudah hadir di Belitung," kata Yan.

Yan menjelaskan, kemeriahan Belitung Beach Festival akan ditambah dengan adanya pentas tarian para anak Belitung yang membawakan karya novelis Andrea Hirata bertajuk Manusia Timah.

Belitung Beach Festival merupakan gelaran pertama yang mengusung konsep ekshibisi budaya dan kemeriahan karnaval seni. Acara berskala nasional tersebut akan digelar pada tanggal 18-20 Mei 2013 yang berlokasi di Tanjung Pandan, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Festival dimeriahkan dengan berbagai atraksi budaya, pameran, festival musik, kuliner, dan lain-lain. Adapun Jember Fashion Carnaval direncanakan juga akan memeriahkan pesta pantai tersebut. Belitung Beach Festival diselenggarakan di tiga pantai terindah di Belitung, yaitu Pantai Tanjung Pendam, Tanjung Kalayang, dan Tanjung Tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com