Kompas.com - 17/05/2013, 18:21 WIB
EditorI Made Asdhiana

PANGKALANBARU, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangka Belitung (Babel), Yan Megawandi mengatakan semua kamar hotel berbintang di Belitung sudah habis dipesan jelang Belitung Beach Festival 2013.

"Hingga saat ini semua kamar hotel berbintang sudah habis terpesan, kalau hotel melati kami belum melakukan pengecekan lagi," kata Yan di Pangkalanbaru saat menghadiri acara soft launching Belitung Beach Festival 2013 di Hotel Novotel Pangkalanbaru, Jumat (17/5/2013).

Yan berharap dengan diadakannya acara festival seperti itu maka dapat mendorong penambahan hotel berbintang baru di Belitung. "Belitung Beach Festival nantinya akan diadakan setiap tahun, oleh sebab itu diharapkan investor dapat membuka akomodasi di Belitung, terutama untuk hotel berbintang karena peminatnya luar biasa banyak," ucap Yan.

Salah satu hotel berbintang yang akan segera membuka rantai bisnis di Belitung adalah Hotel Aston yang akan mulai beroperasi pada Agustus mendatang dan menambah kapasitas 200 kamar. "Dengan diadakannya acara ini, diharapkan tiap tahunnya akan ada penambahan jumlah wisatawan ke Belitung sebanyak 20 hingga 30 persen," harap Yan.

Mengenai masalah transportasi, lanjut Yan, tidak ada masalah karena penerbangan ke Belitung sudah berjalan seperti biasa pasca tidak beroperasinya maskapai penerbangan  Batavia Air.

"Sekarang penerbangan sudah normal, kembali ada enam maskapai setelah berhentinya Batavia Air dan diganti dengan Garuda dan Citilink, di mana memberi keuntungan tersendiri bagi kita karena seperti kita tahu Garuda membawa citra tersendiri bagi promosi kepariwisataan," jelas Yan.

Belitung Beach Festival akan digelar pada 18-20 Mei 2013 yang berlokasi di Tanjungpandan, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Festival dimeriahkan dengan berbagai atraksi budaya, pameran, festival musik, kuliner, dan lain-lain. Jember Fashion Carnaval direncanakan juga akan memeriahkan pesta pantai tersebut.

Belitung Beach Festival diselenggarakan di tiga pantai terindah di Belitung, yaitu Pantai Tanjung Pendam, Tanjung Kalayang, dan Tanjung Tinggi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.