Rasa Pedas sampai Buah Segar dalam Kuliner Thailand

Kompas.com - 18/05/2013, 07:56 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com — Rasa pedas menjadi ciri khas masakan Thailand. Lihat saja masakan Thailand yang telah termasyur, yakni Tom Yam. Kebanyakan Tom Yam yang disajikan memiliki rasa pedas meski tingkat kepedasan bisa diatur.

Menurut Executive Thai Sous Chef dan Konsultan Mandarin Oriental Bangkok, Sumet Sumapachanyanont, memang kebanyakan masakan Thailand menggunakan tiga jenis cabai, mulai dari cabai kecil, cabai kering, dan cabai besar, seperti pada Tom Yam tersebut yang menggunakan cabai kering.

Tom Yam buatan Chef Sumet ialahTom Yam Goong atau ia sebut dengan sup udang. Kuah sup dibuat agak pedas disajikan bersamaan dengan serai dan jamur. Rasa pedas juga ditemukan di Phat Thai Goong, yang merupakan mi goreng ala Thailand yang dimasak dengan daun bawang dan potongan udang.

Som-Tam-Thai

Som Tam Thai. (KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI)

Phat Thai sangat nikmat disajikan panas-panas. Mi khas Thailand tersebut dibuat dengan tingkat kepedasan sesuai selera. Kalaupun tidak suka pedas, bisa saja meminta untuk tak diberikan cabai terlalu banyak, demikian juga sebaliknya. Jika sangat suka pedas, bisa ditambah lagi dengan bubuk cabai yang memberikan rasa pedas.

Selain pedas, masakan Thailand juga menawarkan kesegaran dari buah-buahan. Chef Sumet membuat kreasi sebagai makanan penutup dari buah mangga, yaitu Khow Niew Mamaung. Mangga yang ia sajikan dipilih yang segar dan rasanya yang manis. Uniknya, potongan mangga tersebut ia sajikan dengan ketan putih yang telah diolah dengan santan.

Paduan rasa keduanya memang menjadi sangat manis. Maka, ia menyarankan, untuk menyantapnya, harus diberikan tambahan es batu. Tak hanya mangga, kesegaran lain pun ditawarkan lewat menu salad. Salad Thailand bernama Som Tam Thai berasal dari serutan pepaya hijau, ebi, kacang tanah, dan buncis.

chef-bangkok

Executive Thai Sous Chef dan Konsultan Mandarin Oriental Bangkok, Sumet Sumapachanyanont. (KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI)

Beragam kenikmatan kuliner Thailand yang dibuat oleh Chef Sumet yang juga merupakan host di program acara memasak di salah satu stasiun televisi Bangkok dapat dinikmati mulai tanggal 13 Mei sampai 18 Mei 2012. Masakannya mengangkat tema "True Thai Flavours" dapat dinikmati di Cinnamon Restaurant, Mandarin Oriental Hotel Jakarta, saat makan siang dan makan malam.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X