Kompas.com - 19/05/2013, 08:18 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Hari kedua saya datang ke Festival Kampoeng Tempo Doeloe di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Saya datang hari Minggu dan pasti ramai banget. Saya datang sekitar pukul 16.00. Karena sebagian saya sudah tahu stand-stand yang ikut di festival ini, maka tidak perlu lama untuk memutuskan makanan apa yang mau saya coba kali ini.

Saya melihat di festival kuliner ini cukup banyak penjual sate ayam, kuliner hari ini saya mau bertemakan sate ayam saja. Kebetulan saya juga masih belum menemukan penjual sate ayam enak di Kelapa Gading.

Sate Ayam Madura Blok S
Stand sate ayam yang pertama saya coba adalah Sate Ayam Madura Blok S. Yuk kita coba. Saya pesan satu porsi, dimana dalam satu porsi ada 10 tusuk dan sudah termasuk mendapatkan lontong. Harganya Rp 20.000. Potongan daging ayamnya cukup besar, lumayan empuk, untuk bumbu kacangnya halus, sambelnya juga lumayan pedas.

Sate Kuah Pontianak
Tempat penjual sate kedua yang saya coba adalah Sate Kuah Pontianak. Pada saat mau beli saya harus antre beberapa orang terlebih dahulu, karena banyak yang tertarik untuk mencoba sate yang agak unik ini. Harganya Rp 27.000.

Sate ayamnya diberi kuah, di mana kuahnya dari rendaman daging sapi, jadi agak terasa kaldu sapinya. Nah uniknya selain lontong ada potongan timun di dalamnya, satenya kecil-kecil, dan sedikit diberi perasan jeruk sonkit, bumbu kacangnya enak, legit setelah diaduk kuahnya jadi tambah kental dan nikmat. Sambalnya juga lumayan pedas, dan menambah rasa nikmat pada kuah dan bumbu kacangnya.

Sate Ayam Ponorogo "Nyamleng"
Nah sate yang terakhir saya coba. Menurut saya ini juaranya, selain dagingnya cukup besar, sate ini rasanya juga enak banget, bumbu kacangnya cukup halus dan legit. Sambalnya juga menambah nikmat menu sate ayam ini. Daging yang dipilih adalah daging bagian dada dan di filet. Ini dalam satu porsi juga delapan tusuk dan sudah mendapatkan lontong. Sate Ayam Ponorogo ini biasa berjualan di daerah Bintaro. Harganya Rp 27.000.

Hari ini saya puas makan sate ayam di Kampoeng Tempo Doeloe, dan akhirnya bisa menikmati makan sate ayam enak. Selamat mencoba!  (Frans)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.