Kompas.com - 20/05/2013, 14:16 WIB
EditorI Made Asdhiana

TANJUNGPANDAN, KOMPAS.com - Presiden Jember Fashion Carnaval (JFC), Dynand Fariz mengatakan bahwa Asosiasi Karnaval Indonesia akan dibentuk tahun 2014. "Asosiasi Karnaval perlu dibentuk di Indonesia untuk lebih menguatkan seni karnaval guna menarik lebih banyak wisatawan," kata Dynand di Tanjungpandan, Senin (20/5/2013).

Dynand mengatakan pembentukan asosiasi tersebut dipelopori oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan telah dicanangkan sejak tahun 2012.

"Wacana ini telah dicanangkan sejak November tahun lalu dan tahun ini sudah memasauki ’coaching clinic’ ke daerah-daerah yang memiliki karnaval sebagai ikon," katanya.

"Di seluruh Indonesia ada 23 kota karnaval yang memiliki keunikan masing-masing, rencananya mereka akan kita satukan untuk menyamakan visi mengangkat tradisi dan budaya Indonesia dalam tema karnavalnya," sambung Dynand.

Selanjutnya, asosiasi akan secara rutin mengadatan  acara nasional dan internasional bertajuk "Parade Indonesia" yang menampilkan keindahan budaya bangsa lewat seni karnaval.

"Rasa cinta Tanah Air bisa diwujudkan dalam bentuk apa saja, terutama karnaval di mana kita memamerkan pada dunia kekayaan kultur kita, semakin menarik apa yang kita pamerkan maka akan semakin banyak orang tertarik pada budaya kita sehingga meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan," katanya.

Jember Fashion Carnival (JFC) sendiri merupakan pelopor seni karnaval di Tanah Air dan telah berdiri sejak 12 tahun silam. JFC termasuk salah satu ikon global Indonesia dan menjadi salah satu karnaval berkelas dunia sejak 2009.

Yang menarik dari JFC adalah para artis atau peraga kostum karnaval ternyata warga Jember yang membuat kostum dengan cara belajar pada Dynand sebagai pencetus karnaval. "Mereka bukan profesional atau apa, mereka belajar cara membuat kostum dan make up atas dasar keinginan pribadi dan sukarela," kata Dynand.

Pada pembukaan "Belitong Beach Festival", JFC mementaskan sekitar 80-an orang artis-nya dengan kostum warna-warni dan "marching band".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.