Dispar DIY Gelar Jogja Bike Heritage 2013

Kompas.com - 21/05/2013, 11:14 WIB
EditorI Made Asdhiana

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar Jogja Bike Heritage 2013 pada Minggu (26/5/2013). "Kegiatan tersebut sebagai upaya mengenalkan keindahan wisata heritage DIY yang selalu menarik wisatawan Nusantara  maupun mancanegara," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DIY Tazbir Abdullah di Yogyakarta, Senin (20/5/2013).

Ia mengatakan, kegiatan bersepeda wisata itu diharapkan diikuti 1.000 peserta. Menurut rencana, start ataupun finis di halaman Hotel Ambarrukmo, Jalan Laksda Adisutjipto, Yogyakarta. "Jogja Bike Heritage salah satunya ingin mendekatkan wisatawan pada kekayaan wisata heritage DIY yang jumlahnya banyak," kata Tazbir.

Selain Candi Prambanan dan bekas Istana Ratu Boko, kata Tazbir, keindahan wisata heritage DIY antara lain wisata Kotagede dan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Menurut Tazbir, pihaknya berkomitmen agar beberapa kekayaan heritage tersebut bisa menjadi tujuan wisata tidak hanya wisatawan Nusantara, tetapi juga mancanegara. "Saat ini tren wisatawan asal Eropa Timur dan Rusia menyukai  keindahan bangunan heritage yang berusia ratusan tahun," katanya.

Ia menyebutkan kawasan Ketandan juga masuk aset heritage DIY. Di Kampung Ketandan banyak bangunan asli China yang usianya ratusan tahun dan sekarang menjadi kampung wisata. "Lokasinya dekat dengan kawasan Malioboro," katanya.

Tazbir menambahkan, bagi warga masyarakat yang akan mengikuti Jogja Bike Heritage 2013 bisa mendaftarkan diri di kantor Dinas Pariwisata DIY, Jalan Malioboro 56, Yogyakarta.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X