Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upacara Adat Bisa Menjadi Atraksi Wisata

Kompas.com - 22/05/2013, 09:13 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Upacara adat jika dikemas dengan baik bisa menjadi atraksi hiburan bagi wisatawan yang berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). "Upacara adat yang masih hidup dan dilestarikan di sejumlah desa di wilayah DIY menjadi potensi untuk menghadirkan wisatawan ke daerah ini, sekaligus memperkuat  keberadaan desa wisata setempat," kata Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta, Widi Utaminingsih, di Yogyakarta, Rabu (22/5/2013).

Menurut dia, melalui kemasan wisata yang menarik, upacara adat tersebut dapat menjadi tontonan bagi wisatawan, sehingga diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah ini.

Selain itu upaya mengemas sajian upacara dan ritual adat, juga sebagai upaya melindungi dan melestarikan aset wisata  budaya tersebut.

"Upacara adat yang beragam jenisnya, yang didukung dan dibina oleh pemerintah setempat, merupakan bagian dari upaya melestarikan serta melindungi aset budaya lokal di daerah ini," kata Widi.

Widi memaparkan, kegiatan itu hendaknya terus didorong agar tetap bertahan hidup. Untuk itu menjadi kewajiban Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat untuk melindungi budaya lokal tersebut.

Ia mengingatkan jika tidak dilindungi sejak sekarang, dikhawatirkan beragam jenis upacara adat dan budaya di daerah ini akan punah akibat kemajuan zaman. Oleh karena itu digelarnya upacara adat secara rutin, merupakan salah satu upaya menumbuhkembangkan budaya lokal  agar tetap eksis.

Widi menambahkan, DIY sebagai destinasi wisata unggulan, harus memperbanyak kegiatan, termasuk menyajikan wisata budaya lokal, sehingga wisatawan yang berkunjung ke daerah ini dapat menikmatinya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com