Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketenangan di Hotel Penuh Bambu

Kompas.com - 22/05/2013, 18:50 WIB

KOMPAS.com - Arsitek asal Jepang, Kengo Kuma, berhasil merampungkan sebuah hotel dengan konsep baru di Miyazaki, Jepang. Bila sebelumnya negara tersebut dikenal sebagai "rumah" bagi hotel-hotel mungil, canggih, dan lebih mengedepankan keefektifan, pada hotel ini Kengo Kuma justeru mengajak para tamu hotel kembali merasakan ketenangan dan kedamaian ala Jepang.

Hotel berukuran 4.562 meter persegi tersebut dikenal karena memiliki dekorasi-dekorasi alami. Fasadnya penuh dengan bambu. Di bagian lobinya terdapat atap unik menyiku yang juga dilapisi bambu.

Sebelum menjadi Garden Terrace Miyazaki, lokasi hotel tersebut digunakan sebagai pabrik. Konstruksinya memiliki dua lantai dengan atap berukuran besar.

Memasuki gedung ini, Anda akan disambut dengan balok kayu di atas kepala. Dari sana, jalan akan mengarahkan Anda menuju area resepsionis berukuran besar yang berlokasi tak jauh dari halaman.

Di halaman, Anda akan menemukan sebuah kapel pernikahan. Kapel ini dikelilingi oleh jendela kaca berukuran besar. Jendela tersebut mampu memenuhi kapel dengan sinar matahari.

Di area terbuka ini juga terdapat kolam renang dengan tanaman bambu di sekelilingnya. Kombinasi ini mampu memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi para tamu. Sementara di sisi lain halaman terdapat beberapa restoran, ruang perjamuan, dan kamar bagi tamu. Ruang-ruang tersebut berada di tingkat bawah.

Halaman dengan konsep zen ini tidak hanya memberikan kenyamanan, namun juga memberikan "iklim mini" dengan proteksi dari bambu-bambu. Dapat dikatakan, Kuma berhasil memadukan kecanggihan teknologi Jepang masa kini dengan nuansa tradisional dan kedekatan tradisi Jepang dengan alam.

Sebelumnya, Kuma juga telah merampungkan beberapa proyek dalam bulan ini, antara lain sekolah dasar yang dilapisi kayu di Tokyo, instalasi batu dan air di Milan, dan sebuah rumah eksperimental di Hokkaido.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com