Kompas.com - 22/05/2013, 18:50 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Arsitek asal Jepang, Kengo Kuma, berhasil merampungkan sebuah hotel dengan konsep baru di Miyazaki, Jepang. Bila sebelumnya negara tersebut dikenal sebagai "rumah" bagi hotel-hotel mungil, canggih, dan lebih mengedepankan keefektifan, pada hotel ini Kengo Kuma justeru mengajak para tamu hotel kembali merasakan ketenangan dan kedamaian ala Jepang.

Hotel berukuran 4.562 meter persegi tersebut dikenal karena memiliki dekorasi-dekorasi alami. Fasadnya penuh dengan bambu. Di bagian lobinya terdapat atap unik menyiku yang juga dilapisi bambu.

Sebelum menjadi Garden Terrace Miyazaki, lokasi hotel tersebut digunakan sebagai pabrik. Konstruksinya memiliki dua lantai dengan atap berukuran besar.

Memasuki gedung ini, Anda akan disambut dengan balok kayu di atas kepala. Dari sana, jalan akan mengarahkan Anda menuju area resepsionis berukuran besar yang berlokasi tak jauh dari halaman.

Di halaman, Anda akan menemukan sebuah kapel pernikahan. Kapel ini dikelilingi oleh jendela kaca berukuran besar. Jendela tersebut mampu memenuhi kapel dengan sinar matahari.

Di area terbuka ini juga terdapat kolam renang dengan tanaman bambu di sekelilingnya. Kombinasi ini mampu memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi para tamu. Sementara di sisi lain halaman terdapat beberapa restoran, ruang perjamuan, dan kamar bagi tamu. Ruang-ruang tersebut berada di tingkat bawah.

Halaman dengan konsep zen ini tidak hanya memberikan kenyamanan, namun juga memberikan "iklim mini" dengan proteksi dari bambu-bambu. Dapat dikatakan, Kuma berhasil memadukan kecanggihan teknologi Jepang masa kini dengan nuansa tradisional dan kedekatan tradisi Jepang dengan alam.

Sebelumnya, Kuma juga telah merampungkan beberapa proyek dalam bulan ini, antara lain sekolah dasar yang dilapisi kayu di Tokyo, instalasi batu dan air di Milan, dan sebuah rumah eksperimental di Hokkaido.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.