Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sail Komodo 2013 Diikuti 150 Kapal Layar

Kompas.com - 22/05/2013, 19:26 WIB

KUPANG, KOMPAS.com — Sebanyak 150 kapal layar dari sekitar 40 negara telah mendaftarkan diri untuk menjadi peserta Sail Komodo 2013 yang akan berlangsung pada Juli-Agustus 2013. "Jumlah ini kemungkinan masih akan bertambah mengingat pendaftaran masih tetap dibuka hingga menjelang keberangkatan dari Australia menuju Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 27 Juli 2013," kata Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, HA Haris, di Kupang, Rabu (22/5/2013).

"Posisi sampai Rabu sudah 150 kapal yang mendaftar. Kemungkinan masih bertambah karena setiap hari selalu ada penambahan peserta yang ingin melakukan perjalanan ke Provinsi Nusa Tenggara Timur," katanya.

Menurut Haris, jika setiap kapal diikuti lima peserta, jumlah wisatawan yang akan melakukan perjalanan keliling NTT selama sekitar satu bulan sebanyak 750 orang. "Ini kalau dihitung tiap kapal diisi lima orang, tetapi kalau lebih dari lima orang maka akan ada ribuan wisatawan yang datang ke NTT dalam waktu yang bersamaan," katanya.

Karena itu, semua daerah telah diminta untuk memberikan pelayanan yang prima kepada semua peserta, yang datang dari berbagai belahan dunia ini.

"Pelayanan prima ini penting agar selama berada di provinsi kepulauan itu, wisatawan merasa nyaman dan memiliki kesan positif tentang keberagaman di Nusa Tenggara Timur," katanya.

Haris memaparkan, hanya dengan merasa aman dan memiliki kesan positif tentang NTT, akan sangat membantu mendorong perkembangan pariwisata NTT pada masa mendatang. "Masyarakat di daerah yang disinggahi harus memberikan dukungan penuh. Memberikan rasa aman agar wisatawan merasa memiliki kesan tersendiri bagi NTT. Ini akan menjadi modal bersama untuk membangun pariwisata di daerah ini," katanya.

Dia menambahkan, masyarakat harus yakin bahwa pariwisata NTT akan mengalami kemajuan siginifikan dalam beberapa tahun ke depan, karena perhatian dunia saat ini sedang tertuju ke NTT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com