Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebarlah Pengalaman Liburan lewat Internet

Kompas.com - 22/05/2013, 19:41 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Tren traveling atau jalan-jalan belakangan sedang "naik daun" di kalangan masyarakat Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Jaka, dari valadoo.com, salah satu perusahaan jasa pariwisata daring (online), saat konferensi pers Jalan-Jalan Men! di Auditorium SAE Institute, fX Sudirman, Jakarta, Rabu  (22/5/2013).

"Traveling itu kan sekarang di Indonesia bisa dibilang booming banget," ujarnya.

Menurut Jaka, proses yang dilakukan orang saat jalan-jalan pada umumnya adalah "dreaming, planning, booking, experiencing dan sharing". Untuk proses terakhir, yaitu sharing, tambahnya, internet sering menjadi pilihan untuk berbagi kisah-kisah setelah perjalanan.

Hal ini pun dipertegas oleh CEO MBDC Media, Christian Sugiono, yang memilih internet sebagai media untuk menayangkan karya terbaru berupa video travel berseri yang berjudul "Jalan-jalan Men!".

"Kalau di internet sekali di-upload di Youtube itu akan ada terus di sana," katanya.

Selain itu, dengan mengunggahnya di internet, pun bisa mengajak penonton ikut serta memberikan respons terhadap tayangan tersebut. "Bahwa ketika kita bikin tayangan di internet kita bisa mengajak audience kita untuk interaktif," ujar Christian Sugiono.

Keuntungan lain pun didapatkan melalui internet, yakni tayangan bisa disebar dan ditonton di lintas benua. "Itu konsen pertama kita supaya tayangan ini bisa ada terus karena tayangan ini informasinya banyak yang bisa digali," katanya.

"Jadi, kita ingin enggak cuma sekali, tetapi supaya bisa ditonton terus supaya di-share dan bisa ditonton di seluruh dunia. Orang enggak mesti punya saluran teve channel A atau channel B tetapi dia hanya cukup punya saluran internet," kata Christian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com