Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Sisakan Bungker di Bukittinggi

Kompas.com - 23/05/2013, 14:04 WIB

KOMPAS.com - Bungker Jepang yang terletak di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat dibangun oleh orang Indonesia melalui kerja paksa dibawah tekanan tentara Jepang yang menduduki Indonesia dari 1942 sampai 1945.

Bungker bawah tanah ini memiliki panjang 1.470 meter dan berjarak 40 meter di bawah Ngarai Sianok. Terdapat 21 terowongan di dalam bungker yang digunakan untuk menyimpan amunisi, tempat tinggal, ruang pertemuan, ruang tahanan, ruang makan, dapur, ruang sidang, ruang penyiksaan, ruang mata-mata, ruang penyergapan, dan pintu gerbang untuk melarikan diri. Menjelajahi kompleks terowongan dan gua adalah petualangan yang nyata.

Anda dapat melihat bagaimana tempat ini menjadi benteng pertahanan yang kuat. Terowongan ini berdiameter tiga meter  dan mempunyai dinding yang begitu tebal sehingga suara diluar sana tidak dapat terdengar. Terowongan ini termasuk luas, hampir dua hektar, dan memiliki enam pintu. Satu pintu terletak di Taman Panorama sementara yang lain di jalan menuju Ngarai Sianok.

Anda bisa merasakan dinginnya bungker ini dan kejamnya tentara Jepang ketika Anda menyaksikan ruangan penjara dan penyikasaan di dalam bunker ini.

Berkeliling

Berjalan ke bawah Ngarai Sianok dan menuju bungker Jepang dapat menjadi tantangan tersendiri sambil menikmati pemandangan yang indah.

Awalnya terowongan bungker ini sangat gelap dan dingin namun saat ini sudah dilengkapi dengan lampu dan ventilasi.
Nantinya terowongan ini akan memiliki ruangan untuk memajang foto-foto, sebuah museum perjuangan, dan sebuah teater mini.

Di pintu masuk, pengunjung dapat melihat peta bungker ini dan setiap terowongan sekarang memiliki papan informasi tentang fungsi setiap dan kamera CCTV.

Transportasi

Pintu masuk ke bungker ini terletak di Taman Panorama, di mana Anda bisa menikmati pemandangan Ngarai Sianok yang indah.

Taman ini berjarak sekitar 1 km dari pusat Kota Bukittinggi. Para pengunjung bisa menggunakan mobil pribadi, sado atau andong dari pusat kota ke Taman Panorama sambil menikmati pemandangan yang indah sepanjang jalan.

Dari Bandara Internasional Minangkabau, Anda bisa menyewa mobil atau minibus ke Bukittinggi. Anda bisa menemukan minibus di luar bandara di Simpang Ketaping. Jarak dari Padang ke Bukittinggi sekitar 90 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com